site hit counter
     

Zat-zat Kimia Berbahaya Dalam Rokok

Ketika seseorang pergi keluar untuk membeli rokok, mereka sudah tahu zat kimia berbahaya yang terkandung dalam rokok, tetapi mereka malah tidak mempedulikannya.

Dalam artikel ini akan membahas masalah benda kecil yang mengandung zat kimia  berbahaya yang sering terlihat di mulut seseorang, yaitu rokok. Ada sebanyak 4000 bahan kimia yang berbeda dalam rokok dan sejauh ini telah ditetapkan bahwa setidaknya 50 bahan kimia ini diketahui menyebabkan kanker. Bahan kimia yang terkandung dalam rokok sangat bervariasi, tergantung dari merk rokoknya.

Berikut ini adalah beberapa zat kimia beracun yang terkandung dalam rokok:

1. Nikotin (insektisida/obat adiktif)

Nikotin merupakan salah satu zat yang paling adiktif yang dikenal manusia. Nikotin ini merupakan bahan kimia yang menyebabkan seseorang kecanduan rokok. Racun ini sangat kuat dan dapat dengan cepat merusak kerja fungsi otak manusia.

Nikotin yang terkandung di dalam asap rokok antara 0.5–3 ng, dan semuanya diserap oleh seseorang yang merokok, sehingga di dalam cairan darah seorang perokok aktif ada antara 40 – 50 ng/ml nikotin.

2. Karbon monoksida (CO)

Karbon monoksida merupakan gas beracun tidak berbau. Gas CO yang dihasilkan sebatang rokok dapat mencapai 3–6%. gas ini dapat di hisap oleh siapa saja. Jika di hisap dalam jumlah besar itu bisa berakibat fatal yaitu mengakibatkan penyempitan pembuluh darah akan terjadi dimana-mana. Di otak, di jantung, di paru-paru, di ginjal, di kaki, dan juga di ari-ari pada wanita hamil.

3. Tar

Tar merupakan zat kimia utama yang ditarik ke dalam paru-paru saat seseorang merokok. Ketika rokok dihisap asap yang dihirup mengembun dan kira-kira 70% dari tar dalam asap disimpan ke dalam paru-paru. Kadar tar pada rokok antara 0,5-3,5 mg per batang.

4. Ammonia

Bahan kimia ini juga dapat ditemukan dalam produk pembersih kering, tetapi penggunaannya dalam rokok adalah untuk memberikan bumbu dan untuk melepaskan nikotin dari tembakau untuk mengubahnya menjadi gas. Begitu kerasnya racun yang terkandung di dalam ammonia, sehingga jika masuk sedikit pun ke dalam peredaran darah akan mengakibatkan seseorang pingsan atau koma.

5. Formaldehid

Formaldehid merupakan bahan kimia yang berupa cairan tak berwarna dan berbau tajam yang digunakan untuk membasmi hama dan mengawetkan mayat yang biasa di kenal dengan formalin. Zat kimia ini sangat beracun dan dapat menyebabkan kanker serta gangguan pernapasan, kulit dan perut.

6. Benzene

Benzene merupakan sebuah hidrokarbon berwarna yang diperoleh dari batu bara dan minyak bumi. Zat kimia ini digunakan sebagai pelarut dalam bahan bakar dan dilepaskan dalam asap rokok. Zat kimia ini diketahui dapat menyebabkan menyebabkan kanker dan leukemia.

7. Aseton (nail polish remover)

Aseton digunakan sebagai pelarut dan zat kimia ini juga ditemukan dalam asap rokok.

8. Kadmium

Kadmium merupakan zat kimia yang terkandung dalam rokok yang dapat meracuni jaringan tubuh seorang perokok aktif terutama pada ginjal.

9. Fenol

Fenol merupakan campuran dari kristal yang di hasilkan dari pencampuran beberapa zat organik, seperti kayu dan arang. Zat kimia ini sangat beracun dan membahayakan, karena fenol ini terikat ke protein dan menghalangi aktivitas enzim di dalam tubuh seorang perokok aktif.

10. Asetol

Asetol merupakan hasil pemanasan aldehid (sejenis zat yang tidak berwarna yang bergerak) dan mudah menguap dengan alkohol. Zat kimia ini juga di temukan dalam asap rokok. Jika asap rokok masuk ke paru-paru secara otomatis zat inipun juga ikut masuk, yang lama kelamaan dapat mengganggu paru-paru.

Itu semua adalah beberapa zat kimia yang terkandung dalam rokok yang sangat berbahaya bagi kesehatan manusia. Jika sudah tahu zat kimia yang berbahaya tersebut, Anda mungkin seorang perokok aktif dan ingin berhenti merokok, maka jangan takut dan khawatir.

Untuk berhenti merokok Anda dapat menggunakan sebuah metode Hipnoterapi, yaitu dengan menggunakan CD Audio Hipnoterapi yang membantu dengan mudah mengatasi masalah Anda.

Untuk mendapatkan CD ini Anda bisa membelinya secara online, kemudian di kirim ke alamat Anda. Selain itu Anda juga bisa melakukan pemesanan berupa link download, dimana Anda bisa langsung download pada link yang kami berikan setelah transfer.

Untuk mengetahui informasinya lebih lengkap silahkan klik link ini: Stop Smoking-Menghentikan Kebiasaan Merokok