site hit counter
     

Sejarah, Manfaat dan Aplikasi Pengguaan Hypnotherapy

Hipnoterapi merupakan sebuah terapi yang menggunakan metode hipnosis. Hipnosis adalah suatu keadaan relaksasi dan konsentrasi pada satu titik, namun masih mempunyai kontrol dan kesadaran penuh pada keadaaan disekitarnya, dan kondisi ini disebabkan oleh sugesti dalam metode hipnosis.

Apa Itu Hipnosis?

Istilah “hipnosis” berasal dari bahasa Yunani Hypnos, yang berarti "tidur." Hypnotherapists menggunakan metode hipnosis ini untuk membawa para klien masuk ke dalam kondisi relaksasi yang mendalam dan merubah kondisi kesadaran atau juga dikenal sebagai kondisi trans. Seseorang yang sedang dalam kondisi sangat terfokus akan sangat responsif  sekali terhadap ide atau sugesti yang ada, tapi ini bukan berarti bahwa hipnosis dapat mengontrol pikiran seseorang dan melakukan instruksi dengan kehendak bebas. Sebaliknya, hipnosis sebenarnya dapat mengajarkan orang bagaimana caranya agar mereka mampu menguasai kondisi kesadarannya sendiri. Dengan demikian mereka akan mampu mengontrol  fungsi tubuh mereka dan melakukan proses penyembuhan diri.

Sejarah Hypnotherapy

Kondisi hipnosis ini telah digunakan oleh seorang dukun dan orang-orang pada jaman kuno untuk melakukan pengobatan atau terapi. Metode hipnoterapi telah digunakan di Mesir sejak ribuan tahun yang lalu yang di aplikasikan dalam ritual, upacara keagamaan dan membantu menyembuhkan segala macam penyakit.

Tapi hipnosis seperti yang kita kenal saat ini, pertama kali dikaitkan dengan pekerjaan seorang dokter Australia yang bernama Franz Anton Mesmer. Pada tahun 1700-an, Mesmer percaya bahwa segala macam penyakit itu disebabkan oleh cairan magnetik yang ada di dalam tubuh yang berada diluar keseimbangan seseorang pada ukuran normalnya. Dia menggunakan magnet dan teknik hipnosis untuk mengobati klien-kliennya dalam menangani masalah apa pun. Tetapi komunitas medis tidak meyakini penelitian yang di lakukan oleh mesmer ini. Mesmer dituduh melakukan penipuan, dan teknik yang di lakukan di anggap tidak ilmiah.

Hypnotherapy kembali populer di pertengahan tahun 1900-an. Karena Milton H. Erickson yaitu seorang psikiater, pada tahun (1901 - 1980) telah sukses menggunakan metode hipnosis ini dalam melakukan praktek uji cobanya. Pada tahun 1958, American Medical Association dan American Psychological Association mengakui bahwa hipnoterapi di gunakan sebagai prosedur medis yang valid. Sejak tahun 1995, National Institutes of Health (NIH) telah merekomendasikan bahwa hipnoterapi bisa digunakan sebagai pengobatan untuk nyeri kronis.

Manfaat Hypnotherapy:

  • Orang yang sakit fisik dapat memusatkan upaya mereka pada sesuatu yang lebih menyenangkan untuk meringankan sakit yang dirasakan.
  • Hypnoterapy dapat berfungsi sebagai pilihan pengobatan alternatif untuk masalah seperti depresi atau gangguan stres pasca trauma.
  • Melalui proses pengulangan hipnoterapi dan saran yang diberikan oleh seorang hipnoterapis, maka stres akan dapat berangsur hilang dan mereka akan mampu merasakan relaksasi yang dalam.
  • Hypnotherapy telah terbukti dapat membantu individu dalam menangani masalah seperti sulit tidur, berat badan, mewujudkan keinginan, dan solusi dalam berbagai masalah psikologi.
  • Dalam bidang psikoneurosis, hipnoterapi dapat digunakan sebagai pendeteksi dalam masalah akar penyebab dari gangguan mental.

Aplikasi Penggunaan Hypnoterapy:

  • Dalam jurnal medis yang di tulis pada abad ke-18, tercatat bahwa proses operasi yang dilakukan oleh para dokter, mereka menuntun para pasiennya agar berada dalam kondisi hipnosis.
  • Selama Perang Saudara Amerika, hipnosis digunakan untuk mengobati para tentaranya yang terluka.
  • Sejak tahun 1955, AMA atau American Medical Association, menggunakan jasa hipnoterapi sebagai praktik obat yang bersertifikat.
  • Hipnosis adalah bagian dari ilmu psikologi dan telah disertifikasi oleh American Psychological Association
  • Berdasarkan penelitian, tidak ada yang dapat menyangkal ketika seseorang berada dalam kondisi emosi yang sensitif seperti ketika sedang marah atau benci, hipnosis dapat membantu para pasien untuk dapat mengontrol emosinya  dan melatih pikiran untuk selalu berpikir positif.