site hit counter
     

Mencoba Kekuatan Terapi Hipnosis

Terapi hipnosis telah
ada sejak tahun yang lalu dan bahkan sebelum waktu Sumeria kuno. Terapi hipnosis telah digunakan sebagai instrumen terapi untuk menyembuhkan berbagai jenis penyakit.

Hypnotherapy ini
telah dikenal publik pada abad kedelapan belas melalui seorang dokter yang bernama Franz Anton Mesmer. Mesmer ini telah menerapkan metode hipnosis dengan menggunakan media magnet bagi para pasiennya untuk menempatkan mereka ke dalam kondisi trans agar pasiennya mampu mendapatkan kembali keseimbangan yang ada dalam tubuh mereka.

Penemuan besar ini kemudian dibuat oleh James Braid. Dia menemukan bahwa hipnosis bisa mengurangi rasa sakit pada pasien yang sedang menjalani operasi, hipnosis bertindak sebagai anestesi/pembiusan tanpa harus menggunakan obat kimia. Sementara itu, terapis Amerika Milton H. Erickson mengambil inisiatif untuk mengembangkan lebih jauh dari teknik hipnosis untuk membantu kondisi kesehatan seseorang.

Bahkan sampai saat ini, tidak ada satu orangpun yang dapat sepenuhnya menjelaskan dan menguraikan bagaimana terapi Hypnosis benar-benar dapat bekerja untuk mereka. Tapi pada dasarnya ketika kita berbicara tentang hipnosis, kuncinya adalah dengan membiarkan pikiran subjek untuk bekerja pada tingkat kesadaran yang beragam seperti melalui kondisi trans. Selama periode hipnosis, diyakini bahwa bagian sadar otak akan berhenti untuk sementara waktu yang membuat jalan bagi otak bawah sadar menjadi lebih reseptif terhadap cita-cita dan saran yang diberikan oleh hipnoterapis. Kondisi ini dapat dikaitkan ketika seseorang dalam kondisi setengah terjaga dan setengah tertidur selama ventilasi meditasi.

Penelitian ilmiah menunjukkan bahwa satu dari lima individu tidak bisa masuk ke kondisi hipnosis. Tapi sembilan puluh persen lainnya, sekitar sepuluh persen dapat mengalami deep trance yang sangat nyata.

Bagi sebagian dari mereka yang
telah menjalani terapi menggunakan metode hipnosis, mereka akan percaya bahwa hipnosis tidak dapat terjadi pada seseorang jika hal itu bertentangan dengan kehendak pribadinya. Membangun ikatan yang baik dan hubungan yang sangat baik diantara pasien dan praktisi adalah suatu keharusan demi kelancara proses terapi. Jika pasien merasa tidak nyaman dengan kehadiran praktisi tersebut, ada kemungkinan bahwa kondisi trans tidak akan pernah tercapai.

Di sisi lain, beberapa manfaat saat menjalani program hipnoterapi adalah dapat mengurangi masalah stres. Terapi hipnosis juga dipercaya dapat bekerja dengan baik untuk masalah perilaku adiktif seperti membantu individu agar dapat berhenti merokok dan mengonsumsi obat-obatan terlarang. Hal ini juga digunakan untuk menghilangkan rasa sakit akibat goresan kecil, luka bakar, dan nyeri dari kanker dan ulkus.

Manfaat dari terapi hipnosis telah berkembang pesat khususnya pada saat ini, dan bahwa klinik medis terkemuka dan lembaga medis telah mendukung program hipnosis untuk program pengobatan terutama untuk kasus-kasus yang bersifat psikologis. Untuk memastikan jika hipnosis sangat berharga dan bermanfaat untuk Anda, maka Anda dapat mencoba terapi hipnosis ini sendiri dalam kenyamanan rumah Anda, yaitu menggunakan audio hipnosis/audio hipnoterapi.