site hit counter
     

Berbagai Jenis Hypnosis

Hipnosis bukanlah fenomena
yang baru. Hipnosis telah digunakan selama berabad-abad tahun yang lalu yang digunakan dalam membantu seseorang untuk melakukan proses pengobatan dan penyembuhan diri. Sekarang, hipnosis diakui sebagai alat yang paling efektif untuk melakukan proses penyembuhan diri dan aplikasinya telah diterima oleh ilmu pengetahuan. Dengan adanya penerimaan dan pengakauan dari berbagai ahli medis, maka hipnosis telah menyebar dan menyeluruh di berbagai dunia dan semakin marak digunakan dalam membantu melakukan proses penyembuhan diri.

Prinsip-prinsip hipnosis yang dilakukan dalam melakukan proses penyembuhan diri semuanya sama. Tetapi proses dalam melakukan sesi terapi ada sedikit perbedaan dari tiap-tiap metode hipnosis yang telah disesuaikan dan disamakan dengan kondisi permasalahan yang dihadapi oleh masing-masing pasien. Berbagai jenis hipnosis ini digunakan sesuai dengan kebutuhan dari permasalahan yang dihadapi oleh pasien dan disesuaikan dengan hasil yang diperlukan. Semuanya memiliki metode tersendiri dalam melakukan proses penyembuhan diri.

Berikut adalah jenis utama yang sering digunakan oleh seorang hepnoterapis dan telah diaplikasikan dalam kebiasaan sehari-hari:

Hypnosis Tradisional

Hipnosis tradisional adalah model hipnosis
yang paling klasik dan telah ada sejak jaman dahulu kala. Versi ini dilakukan oleh hipnotis yang ingin menempatkan pasien ke dalam kondisi relaskasi yang paling dalam atau biasa disebut dengan deep trance. Setelah pasien berada dalam deep trance, maka kemudian seorang terapis akan mengarahkan mereka dengan menggunakan saran dan perintah yang diberikan kepadanya. Biasanya hipnosis tradisional ini digunakan dalam Hipnotisme panggung.

Hypnotherapy
/ Hypnotherapy Audio

Hipnoterapi ini menggunakan metode hipnosis untuk melakukan proses penyembuhan diri atau pengembangan diri menjadi lebih positif  dalam hidup seseorang dengan cara penggunaan hipnoterapi ini. Hipnoterapi ini biasanya digunakan untuk mengatasi masalah psikologis pasien yang telah terganggu karena hipnoterapi ini sangat efektif untuk digunakan dalam mengatasi gangguan psikologis seseorang.

Hipnoterapi dapat memprogram ulang pola perilaku seseorang dalam menanggapi sebuah situasi. seperti masalah fobia, ketakutan yang irasional, kecanduan dan emosi negatif yang harus dikendalikan. Hypnotherapy juga dapat digunakan untuk mengontrol sensasi rasa sakit. Tidak hanya itu, hipnosis telah digunakan untuk mengontrol rasa sakit pada pasien yang sedang menjalankan operasi

Hypnotherapy
telah digunakan untuk melakukan perkembangan diri menjadi lebih positif dan membantu melakukan proses penyembuhan diri terkait dengan masalah psikologis, seperti depresi, fobia, kecanduan dan segala macam pikiran yang irasional akan lebih efektif bila ditangani dengan menggunakan metode hipnoterapi. Hypnosis seperti yang digunakan dalam hipnoterapi juga dapat memiliki efek positif bagi fisik terkait dengan masalah nyeri yang disebabkan oleh proses operasi atau masalah yang lainnya.

Hypnotherapy biasanya hanya menggunakan
metode hipnosis, bukan mengkondisikan seseorang dalam deep trance seperti yang telah digunakan dalam metode hipnosis tradisional. Kebanyakan pasien akan masih benar-benar terjaga dan sadar sepenuhnya saat mereka menggunakan metode hipnoterapi. Titik kunci dari hipnoterapi agar dapat berhasil secara optimal adalah bahwa pasien harus tetap sepenuhnya berfokus pada terapi dan mendengarkan kata-kata terapis apapun yang beliau katakan. Pasien harus menerima sepenuhnya instruksi dari seorang terapis. Apabila pasien tidak mempercayainya, maka terapi tidak akan bekerja secara maksimal dan kemungkinan besar akan gagal. Namun, jika pasien mempunyai pikiran yang positif dan lebih terbuka terhadap sugesti yang diberikan oleh terapis, maka tingkat keberhasilan yang akan dicapai oleh pasien akan bisa lebih besar.

Self Hipnosis / Auto Hypnosis

Sesuai dengan namanya, metode ini bergantung pada hipnosis untuk merangsang subjek pada diri mereka sendiri. Hal ini dilakukan oleh subjek sendiri dengan cara belajar self hipnosis, atau dengan mendengarkan rekaman yang telah ada. Isi dari audio hipnoetrapi berupa instruksi atau sugesti yang akan di sampaikan oleh seorang hipnoterapis yang mirip dengan kondisi relaksasi dan meditasi.

Hypno
terapi dengan self hypnosis keduanya sangat mirip sekali. Perbedaan utama dari keduanya adalah jika self hipnosis menggunakan kekuatan subjek untuk bekerja pada saran mereka sendiri daripada berasal dari seorang hipnoterapis. Sudah dikenal dan diterima secara luas oleh dunia bahwa metode hipnosis yang digunakan akan disesuaikan dengan realitas diri masing-masing individu. Hal ini karena metode hipnosis ini hanya dapat memberikan sugesti kepada subjek, tetapi evaluasi dan interpretasi dari sugesti yang diberikan tersebut tinggal pengaplikasian dari masing-masing invidu. Hipnotis hanyalah kendaraan yang membantu subjek ke kondisi trans, subjek sendiri yang akan memproses informasi yang masuk. Apapun hasil yang dicapai oleh subjek tinggal seberapa besar keinginan mereka untuk melakukan perubahan diri.

Self hypnosis dapat digunakan
seperti metode hipnoterapi. Self hipnnosis juga efektif dalam mengatasi masalah psikologis, fobia, stres dan kecanduan. Teknik ini dilakukan hanya dengan mengkondisikan subjek pada keadaan relaksasi yang mendalam.