site hit counter
     

Kegunaan Hipnosis

Hipnosis adalah sebuah perubahan kondisi mental seseorang melalui proses induksi hipnosis yang umumnya melibatkan serangkaian instruksi awal atau sugesti.

Proses induksi hipnosis ini bertujuan untuk menempatkan seseorang dalam keadaan trance di mana mereka sangat rentan terhadap saran. Saran ini dapat digunakan untuk mempengaruhi pikiran dan tindakan orang yang di hipnotis untuk berbagai keperluan atau tujuan.

Sebagai contoh, ada banyak teknik hipnosis yang telah diaplikasikan untuk keperluan medis yang dapat membantu seseorang untuk membebaskan diri dari masalah kecanduan. Teknik hipnosis juga sering digunakan sebagai bentuk hiburan panggung atau pertunjukan lain, tetapi ini hanya dua dari diantara banyak bentuk kegunaan hipnosis.

Hypnotherapy

Jenis hipnosis
ini melibatkan penggunaan teknik hipnosis untuk tujuan terapeutik, sering dijadikan untuk memodifikasi atau merubah perilaku atau sikap subjek menjadi lebih baik.

Hypnotherapy dapat membantu mencegah kebiasaan disfungsional pada subjek seperti kebiasaan merokok atau mengkonsumsi minuman keras yang berlebihan dan juga dapat digunakan untuk mengurangi kecemasan dan stres. Hypnotherapy juga telah sukses sebagai sarana manajemen nyeri, terutama pada pasien yang telah mengidap penyakit kanker.

Medis

Dalam penelitian klinis, hipnosis telah efektif digunakan dalam mengobati berbagai kondisi permasalahan seperti sindrom iritasi usus besar.

Penelitian juga menunjukkan bahwa hipnosis dapat menjadi metode alternatif yang sangat efektif untuk anestesi kimia dan dapat membantu mengurangi rasa nyeri saat proses persalinan bayi, kondisi luka bakar yang berat, dan aspirasi sumsum pada tulang manusia.

Psikoterapi

Teknik hipnosis sering digunakan oleh para psikolog dan dokter yang telah berlisensi untuk mengobati kondisi permasalahan seperti depresi, kecemasan, gangguan makan, dan stres pasca trauma peristiwa yang ekstrim.  

Penelitian juga menunjukkan bahwa hipnosis dapat menjadi pengobatan yang efektif untuk mengontrol kebiasaan merokok dan manajemen berat badan.

Self-Hypnosis

Dengan menggunakan metode self hipnosis ini, maka akan dimungkinkan bagi subjek untuk menghipnotis diri mereka sendiri. Metode ini bisa diaplikasikan oleh semua orang hanya dengan menggunakan bantuan sugesti.

Self-hypnosis sering digunakan untuk meningkatkan motivasi individu agar mereka mampu mengontrol program diet yang telah mereka jalankan atau untuk membantu mengontrol diri mereka agar dapat berhenti merokok, bahkan untuk mengurangi masalah stres. Sebuah audio atau rekaman hipnosis dapat digunakan untuk membantu memperlancar proses ini.

Hiburan

Hipnosis panggung sangat populer sebagai bentuk hiburan atau pertunjukan. Dengan melalui serangkaian tes saran/sugesti awal, hipnotis dapat menentukan anggota penonton yang paling rentan terhadap sugesti yang nantinya akan diberikan serangkaian instruksi oleh seorang hipnotis untuk mendorong mereka ke dalam kondisi hipnosis.

Seorang hipnotis dapat mempengaruhi para penonton dengan cara yang lucu. Misalnya, seseorang yang telah terhipnotis dapat dibuat untuk percaya bahwa mereka telah berubah menjadi seekor anjing atau tubuh mereka tiba-tiba berubah menjadi karet yang lengket.