site hit counter
     

Jenis-jenis Stres dan Cara Mengelolanya

Kebanyakan orang mengalami beberapa tingkat stres dalam pekerjaan mereka. Tetapi, jika seseorang dapat memahami jenis yang paling umum dari stres dan tahu bagaimana untuk mengatasinya, dia dapat mengelola stresnya jauh lebih baik. Hal ini dapat membantunya untuk bekerja secara produktif, membangun hubungan yang lebih baik, dan hidup lebih sehat. Intinya, stres tetap diperlukan agar kinerja kita lebih produktif.

Lalu stres yang bagaimana yang bisa menjadikan kinerja lebih produktif? Bagimana kalau stres itu terasa berat, apakah tetap juga baik untuk kinerja kita? Pada artikel ini, kita akan mempelajari empat jenis umum dari stres dan kita akan membahas bagaimana seseorang dapat mengelola masing-masing jenis stres secara lebih efektif. Mari kita lihat masing-masing jenis stres secara rinci, dan mendiskusikan bagaimana seseorang dapat mengidentifikasi dan mengelolanya.

1. Waktu Stres

Seseorang bisa mengalami stres ketika dia khawatir tentang waktu. Ketika ia khawatir tentang beberapa hal yang harus dia lakukan dan takut bahwa dia akan gagal untuk mencapai sesuatu yang penting, maka ini dapat menjadikannya stres. Ia mungkin merasa terjebak, tidak bahagia, atau bahkan putus asa.

Mengelola waktu stres berarti mempelajari keterampilan manajemen waktu yang baik. Selanjutnya, pastikan bahwa kita mencurahkan cukup waktu untuk prioritas hal yang lebih penting. Tugas-tugas penting kita biasanya sesuatu yang membantu mencapai tujuan kita.

2. Stres antisipatif

Stres antisipatif menggambarkan stres yang seseorang alami tentang masa depan. Stres antisipatif di sebabkan kurangnya kepercayaan pada diri sendiri, kadang-kadang stres ini dapat difokuskan pada acara tertentu, seperti presentasi yang akan di lakukan. Namun, stres antisipatif juga dapat kabur dan tidak terdefinisi, seperti rasa ketakutan tentang masa depan, atau khawatir bahwa sesuatu akan salah.

Mengelola stres antisipatif  berarti mulai mengakui bahwa kita tidak boleh takut terhadap apa yang akan kita lakukan selama itu baik. Gunakan teknik visualisasi positif untuk membayangkan situasi berjalan dengan benar.

3. Stres situasional

Ketika seseorang mengalami stres situasional, dia berada dalam situasi yang menakutkan bahwa dia tidak memiliki kontrol atas dirinya sendiri dan ini bisa menjadi hal yang berbahaya. Akan tetapi, ini adalah situasi yang melibatkan konflik, atau kehilangan status diantara tenman-temannya, kelompok kerja,kemitraan atau lainnya. Misalnya, terkena PHK adalah contoh peristiwa yang dapat menyebabkan stres situasional.

Mengelola stres situasional yaitu dengan belajar untuk menjadi lebih sadar diri, kemudian belajar bagaimana untuk berpikir dan berkomunikasi dengan lebih baik dalam situasi apapun. Jika Anda selalu marah dan berteriak, maka belajarlah bagaimana mengelola emosi.

4. Encounter Stres (stres pertemuan)

Encounter stres  banyak di alami setiap orang. Seseorang bisa mengalami stres pertemuan ketika dia khawatir tentang berinteraksi dengan seseorang atau sekelompok orang tertentu. Dia mungkin tidak menyukai mereka, atau dia mungkin berpikir bahwa mereka tidak bisa di ajak berteman dengan baik.

Stres pertemuan juga dapat terjadi jika peran seseorang melibatkan banyak interaksi personal dengan pelanggan. Misalnya, dokter dan pekerja sosial memiliki tingkat tinggi terhadap stres pertemuan, karena mereka bekerja secara rutin yang menyebabkan dirinya tidak merasa baik.

Mengelola stres pertemuan, yaitu dengan mengembangkan kecerdasan emosional yang lebih besar. Kecerdasan emosional adalah kemampuan untuk mengenali emosi, keinginan, dan kebutuhan diri sendiri dan orang lain. Ini merupakan keterampilan penting dalam berinteraksi dengan orang lain dan dalam membangun hubungan yang baik.

Sementara semua orang mengalami gejala fisik dan emosional yang berbeda akibat dari stres, penting untuk memahami bagaimana seseorang menanggapi masing-masing dari jenis stres diatas. Ketika seseorang dapat mengenali jenis stres yang di alaminya, dia dapat mengambil langkah-langkah untuk mengelolanya secara lebih efektif.

Untuk dapat mengelola stres dengan baik, Anda dapat menggunakan CD Audio Hipnoterapi yang dapat membantu  mengatasi masalah Anda termasuk masalah stres dengan mudah.

Untuk mendapatkan CD ini, Anda tidak perlu susah-susah. Anda dapat membelinya secara online, kemudian barang yang Anda pesan di kirim ke alamat Anda atau bisa Anda download di link yang telah kami berikan setelah transfer.

Untuk mengetahui informasinya lebih lengkap silahkan klik link ini: Relieve Stress - Menghilangkan Stres