site hit counter
   

Hipnoterapi untuk Manajemen Stres

Pendahuluan

Stres jika tidak di kelola bisa sangat mengganggu kehidupan kita, baik fisik maupun mental. Namun, stres tidak harus sepenuhnya dihinddari dengan sedikit tekanan kita akan lebih termotivasi dalam menempuh hidup ini. Jadi sudah selayaknya tiap hari kita mendapatkan tekanan. Bahkan kita wajib membuat tekanan itu, seperti dengan mengatur jadwal aktivitas yang harus bisa dilaksanakan hari itu. Lalu, stres yang bagaimana bisa merugkan kesehatan mental dan fisik?

Hipnoterapi untuk Stres

Hypnotherapy telah lama berguna dalam manajemen stres. Hipnosis memberikan seseorang kemampuan untuk menargetkan pikiran bawah sadar mereka dan mengendalikan pikiran psikologis dan perasaan mereka. Stres menyebabkan gejala psikologis dan fisiologis sehingga sangat penting mengontrol stres sehingga tidak memiliki dampak negatif dalam hidup Anda. Hypnosis telah terbukti sangat membantu dalam mengurangi berbagai jenis stres yang dialami oleh banyak orang didunia sekarang ini.

Stres Pasca Trauma

Jenis umum dari stres adalah gangguan stres pasca-trauma atau post-traumatic stress disorder (PTSD). Hal ini terjadi setelah peristiwa traumatis, seseorang yang mengalami stres jenis ini cenderung merasa takut  terkait dengan peristiwa tersebut, walaupun kejadian yang menjadikan ia trauma sudah terjadi pada waktu yang lama. Spiegel, Hunt, dan Dondershine (1988) menguji efektivitas hipnosis pada veteran Perang Vietnam. Penelitian ini melibatkan 65 veteran didiagnosis dengan PTSD.

Para peneliti menemukan bahwa hipnoterapi efektif untuk menghilangkan PTSD. Hasil penelitian menunjukkan bahwa gejala PTSD melibatkan disosiasi dan citra, dan dengan demikian pasien dengan jenis stres ini lebih mampu menggunakan hipnotis untuk manajemen stres mereka.

Stres Saat Hamil

Wanita yang sedang hamil sering di bawah banyak stres. Perubahan fisik, psikologis, dan hormonal dalam tubuh mereka menjadikan mereka stres. Stres juga terjadi dari ketakutan dan kecemasan tentang kesehatan dan nanti saatmelahirkan bayi. Mereka juga mengalami perubahan dalam bidang sosial, pekerjaan, dan keuangan. Tiran dan Chummun (2004) telah menunjukkan bahwa terapi alternatif seperti hipnosis dapat sangat efektif menghilangkan stres ibu hamil dan dengan demikian mengurangi gejala fisiologis stres.

Stres Pra Operasi

Enqvist, Von konow, dan Bystedt (2006) menemukan bahwa ketika pra operasi hipnosis digunakan pada pasien sebelum menjalani operasi, mereka mampu menggunakan saran untuk mengurangi stres dan kecemasan. Hal ini bisa mengurangi pendarahan, bengkak, dan penggunaan obat selama dan setelah operasi. Studi ini menunjukkan bahwa mengurangi stres sebelum operasi dapat memiliki efek mendalam pada pemulihan setelah operasi.

Ketiga contoh stres diatas berasal dari faktor yang berbeda, tetapi hipnoterapi dapat digunakan untuk mengurangi stres dan dengan demikian mengurangi banyak efek samping psikologis dan fisiologis. Kita telah melihat dampak negatif dari stres dan penting bahwa kita menggabungkan metode alami mengobati stres sehingga gejala psikologis dan fisiologis negatif dapat dikurangi dan dihilangkan. Ini hanya tiga contoh cara yang berbeda hipnoterapi dapat membantu mengelola stres. Studi lebih harus dilakukan untuk menjadikan hipnoterapi lebih efektif lagi dalam manajemen stres.

CD Hipnoterapi manajemen stres. klik: Relieve Stress - Menghilangkan Stres