site hit counter
     

Hipnosis untuk Mengobati Irritable Bowel Syndrome (IBS)

Irritable Bowel Syndrome atau yang sering disingkat IBS adalah suatu kondisi gangguan perut yang ditandai dengan rasa tidak nyaman di daerah perut, yang disertai dengan gejala-gejala episodik perasaan sulit buang air besar (konstipasi) dan atau diare. IBS sering kali disebut sebagai suatu kumpulan keluhan dan bukan penyakit maag tertentu. Kembung, banyak gas dan perasaan tidak nyaman adalah keluhan yang paling sering dialami pasien selain diare dan sulit buang air besar.

Label "IBS" sering digunakan ketika pemeriksaan laboratorium atau penunjang lain seperti USG atau endoskopi tidak merujuk pada diagnosis spesifik untuk menjelaskan gejala yang ada. IBS biasanya kronis, dan membuat masalah dalam kehidupan pasien yang nyata.

Konsep hipnosis untuk mengurangi penyakit fisik dan mental telah ada sejak zaman kuno. Namun, baru-baru ini keberadaan hipnosis telah diakui dan terima oleh ahli medis untuk digunakan sebagai proses penyembuhan diri. Hypnosis telah terbukti menjadi cara yang efektif untuk mengurangi rasa sakit dan ketidaknyamanan yang berhubungan dengan masalah irritable bowel syndrome (IBS).

Teknik hypnotherapy digunakan untuk menginduksi seseorang agar berada dalam keadaan hipnosis, yang merupakan kondisi trans yang menyerupai dengan kondisi tidur. Pasien akan terhipnotis dan memasuki keadaan di mana gelombang otak mereka akan berada pada gelombang alpha. Jenis aktivitas otak ini biasanya terjadi saat Anda berada dalam kondisi tidur. Namun dalam keadaan hipnosis ini, pasien akan memiliki kerentanan yang tinggi terhadap sebuah sugesti. Saat pasien terhipnotis, terapis akan dapat menggunakan salah satu dari berbagai macam  teknik yang telah ada untuk membuat saran kepada pasien yang akan merubah pikiran pasien menjadi lebih positif dan akan menjadikan perubahan untuk melakukan proses penyembuhan diri menjadi lebih baik.

Irritable bowel syndrome dapat diatasi dengan menggunakan bantuan hipnoterapi, karena
berbagai macam alasan yang terkait.

  • Pertama, kondisi hipnosis adalah sebuah pengalaman yang sangat menyenangkan yang dapat dialami oleh para penggunanya. Mereka akan dapat masuk ke dalam kondisi santai yang sangat dalam. Kemampuan hipnoterapi untuk mengurangi stres, mungkin menjadi salah satu keuntungan terbesar bagi penderita IBS. Hidup dengan kondisi seperti ini, dimana dokter telah mengklaim bahwa penyakit ini sulit untuk disembuhkan maka akan begitu menyakitkan oleh para penderita IBS dan sering melemahkan motivasi penderita IBS untuk melakukan proses penyembuhan diri sehingga dapat menyebabkan stres, kecemasan dan bahkan juga menjadi penyebab utama dari depresi, yang semuanya akan menurunkan sistem kekebalan tubuh dari para penderita IBS. Menurunnya sistem kekebalan tubuh akan dapat memperparah gejala IBS mereka sehingga dapat memperburuk kondisi kesehatannya. Menghilangkan stres yang ditawarkan oleh hipnosis telah terbukti efektif dalam memecahkan masalah ini.

  • Manfaat kedua dari penggunaan metode hipnosis ini adalah kemampuannya untuk mengurangi rasa sakit yang telah didokumentasikan dan diakui dengan baik oleh berbagai ahli medis diseluruh dunia. Penderita IBS biasanya sering terkait dengan masalah ketidaknyamanan dan rasa sakit dan dengan bantuan hipnoterapi ini, para penderita IBS melaporkan bahwa mereka lebih mampu untuk mengontrol dan mengelola masalahnya dengan mudah dan semakin berangsur hilang. Karena IBS adalah sebuah permasalahan yang berkaitan dengan gangguan sindrom yang bukan terkait dengan masalah penyakit, maka pencegahan dan bantuan yang tepat untuk masalah ini yaitu dengan menyembuhkan sindrom tersebut. Hypnotherapy menawarkan kepada para penderita IBS untuk menjadi solusi alternatif bagi mereka dalam mengontrol IBS yang di deritanya tersebut.

Bagaimana cara kerja hipnoterapi?

Seperti terapi alternatif lainnya, tidak ada alasan ilmiah untuk efek dari hipnosis ini, dan juga tidak ada bukti yang kuat bahwa hipnosis telah memberikan manfaat yang berkelanjutan bagi banyak pasien.

Tapi, banyak ilmuwan yang telah percaya bahwa hipnoterapi dapat memungkinkan kontrol kepada individu atas reaksi yang didapatkannya dalam menanggapi sbeuah situasi kehidupan. Manfaat yang berbeda dari pengobatan ini adalah bahwa hipnoterapi dapat digunakan untuk berbagai macam usia termasuk anak-anak sampai orang tua dan tidak ada risiko atau efek samping yang dihasilkan setelah melakukan terapi.

Ada
berbagai pengobatan untuk mengatasi masalah sindrom irritable bowel syndrome (IBS). Metode yang paling mudah diakses oleh banyak orang adalah dengan menggunakan bantuan Audio Hipnoterapi yang ditargetkan untuk mengontrol sistem pencernaan mereka agar metabolismenya lebih lancar.

Hypnotherapy menawarkan
bagi penderita IBS sebuah cara agar mereka dapat bersantai dan mendapatkan kembali sebuah kontrol diri dalam tubuh mereka. Silakan klik disini untuk mendapatkan CD nya: Menghilangkan Stres