site hit counter
     

Manajemen Nyeri Melalui Hypnosis

Pernahkah Anda bertanya-tanya bagaimana orang-orang di India yang mampu berjalan di bara panas tanpa merasa
kan sakit? Jawabannya sederhana HIPNOSIS.

Hypnosis (baik dipandu oleh orang lain atau
menggunakan metode self-hypnosis) telah digunakan selama berabad-abad tahun yang lalu sebagai cara untuk mengontrol nyeri. Cara mengontrol nyeri ini  sering terkait dengan praktik keagamaan yang telah diaplikasikan di seluruh dunia dan telah bertahan dalam berbagai budaya sampai sekarang.  Ada suatu ritual untuk menahan rasa sakit  yang seharusnya sangat menyakitkan, tapi karena pikiran mereka begitu terfokus pada elemen spiritual, maka mereka tidak sedikitpun merasakan sakit. Sama halnya dengan praktik meditasi, mereka mampu mencapai tingkat kondisi hipnosis yang paling dalam di mana otak mereka mampu untuk mengabaikan atau "mematikan" reseptor nyeri yang seharusnya mereka rasakan.

Adanya reaksi nyeri yang Anda rasakan sebenarnya itu terjadi bukan berada pada lokasi tubuh tepat Anda mengalami cedera, melainkan berada di dalam kekuatan pikiran Anda. Sinyal rasa sakit yang Anda rasakan yang telah dikirim oleh reseptor nyeri akan di respon oleh otak sehingga menghasilkan rasa nyeri pada bagian tubuh Anda yang mengalami cedera dan itu berpuasat pada otak yang kemudian memicu sensasi rasa nyeri pada tubuh Anda.

Para bhikkhu juga menggunakan teknik hipnosis yang bukan hanya untuk mengontrol sensasi tidak menyenangkan, tapi juga untuk mengobati orang-orang yang minta bantuan kepadanya. Sebelum adanya anestesi yang tersedia, orang-orang sering menggunakan teknik hipnosis sebagai sarana untuk mengontrol rasa sakit dan tidaknyaman selama proses operasi.

Hipnosis merupakan sebuah alat yang sangat baik untuk mengelola rasa sakit karena kondisi kronis seperti: fibromyalgia, arthritis, sakit kepala migrain, kram dan menstruasi. Hipnosis ini juga dapat digunakan untuk meringankan efek samping setelah melakukan kemoterapi. Selain itu, tren yang berkembang saat ini bahwa perempuan sering menggunakan metode hipnoterapi untuk membantu meringankan proses kelahirannya, dan juga untuk menghilangkan kebiasaan negatif mereka seperti kecanduan merokok atau konsumsi obat-obatan keras. Manfaat dari teknik hipnosis ini dapat digunakan untuk meringankan semua jenis rasa sakit dan ketidaknyamanan terkait dengan masalah fisik. Silakan klik disini untuk mendapatkan CD nya: Menghilangkan & Menyembuhkan Rasa Sakit & Tidak Nyaman