site hit counter
   

Agar Berhasil Mendengarkan Audio Hypnotherapy

Keberhasilan penyembuhan menggunakan metode audio hypnoterapi/hipnotis, memerlukan keterlibatan diri Anda sendiri dan juga audio terapi yang Anda dengar harus benar-benar teruji dan di uat oleh hipnotherapist professional.

Sebelum memulai sesi ada banyak faktor yang perlu Anda pahami. Anda harus mempunyai pemahaman yang benar mengenai audio hypnotherapi ini.

Ketika Anda telah memahami dengan betul hypnotherapy, maka proses  mendengarkan audio hypnotherapy benar-benar mengenai sasaran dan tujuan yang Anda harapkan.

Jika audio telah teruji, namun Anda tidak mempunyai pemahaman yang betul tentang hypnotherapy, maka hasil jauh dari yang diharapkan dan tidak efektif.

Penjelasan berikut ini khusus ditujukan kepada Anda dengan asumsi audio terapi telah teruji:

1. Semua hipnosis adalah self-hypnosis

Sebenarnya mendengarkan audio hypnotherapy adalah proses self-hypnosis, jadi proses ini adalah proses hipnosis yang Anda lakukan pada diri Anda sendiri dengan mengikuti anjuran, saran, sugesti dan bimbingan dari Audioterapi. Jika Anda berharap Anda akan masuk kondisi hipnosis tanpa ada usaha dari Anda, maka salah besar dan hypnotherapy menjadi tidak efektif.

2. Audio terapi hanya sebagai navigator sedangkan Anda adalah pengemudi

Ingat, peran audio terapi adalah sebagai instruktor mengarahkan Anda pada kondisi yang diharapkan. yaitu Anda diarahkan untuk masuk ke alam bawah sadar, dan ketika sudah masuk pada kondisi ini, Anda diarahkan untuk melakukan hal tertentu. Bila Anda tidak mengikuti instruksi yang diberikan, maka proses terapi ini tidak akan berjalan dengan baik.

3. Anda tetap sadar walau telah masuk kondisi trance yang dalam

Banyak yang berpikir mungkin juga Anda sebelum membaca artikel ini, bahwa bila seseorang masuk kondisi hipnosis maka ia akan lupa ingatan atau menjadi tidak sadar, tidak tahu apa yang terjadi di sekitarnya dan begitu bangun sudah sembuh. Ini pandangan yang salah. Yang benar, saat dalam kondisi trance, sedalam apapun trance-nya, Anda tetap sadar dan memegang kendali penuh atas pikirannya.

Namun ada juga yang bersikeras dengan pandangannya yaitu orang dihipnosis akan tidak sadar. Bila Anda tetap bersikukuh dengan pandangan atau pemahaman seperti itu, maka terapi tidak akan efektif.

4. Kesembuhan Anda sepenuhnya adalah tanggung jawab Anda Anda perlu menyadari bahwa tanggung jawab kesembuhan ada pada diri Anda, bukan pada kekuatan audio terapi. Peran audio terapi hanya membantu atau memfasilitasi proses terapi dengan menggunakan sumber daya yang ada dalam diri Anda untuk kesembuhan Anda.

5. Anda mendengarkan audio terapi atas keinginan atau kesadaran Anda sendiri

Untuk mengatasi suatu masalah dibutuhkan motivasi yang tinggi dari Anda. Semakin tinggi motivasi Anda, maka akan semakin mudah Anda sembuh. Jika Anda melakukan terapi dengan motivasi yang tinggi sebenarnya sudah sembuh. Tugas audio terapi tinggal melakukan sentuhan akhir saja.

Namun jika Anda melakukan bukan atas kemauan atau kesadaran Anda sendiri namun karena rayuan, bujukan, desakan, paksaan, dan atau ancaman orang lain, maka dapat dipastikan Anda tidak akan sembuh.

6. Anda mengijinkan diri Anda untuk mengikuti semua saran dan perintah

Ada Anda yang karena alasan tertentu tidak mengijinkan dirinya untuk mengikuti saran dan perintah. Alasannya bisa takut, merasa tidak nyaman, tidak percaya pada fungsi audio terapi, pandangan atau pemahaman yang kurang tepat mengenai hipnoterapi, atau Anda melakukan terapi bukan atas kesadaran dan keinginannya sendiri.

Agar hasil terapi bisa maksimal maka harus ada niat sungguh-sungguh dari Anda untuk berubah atau keluar dari masalah.

7. Anda percaya pada fungsi audio hipnoterapi

Bila Anda, karena alasan tertentu, merasa kurang yakin atau krang percaya pada fungsi audio terapi, maka sebaiknya jangan melakukan terapi. Ketidakpercayaan atau perasaan ragu terhadap fungsi audio terapi sangat menghambat proses terapi.

8. Anda pasrah dan ikhlas menjalani semua bimbingan yang Anda dengar

Kepasrahan dan keikhlasan adalah hal mutlak. Selain itu Anda harus bersikap pasif, reseptif, dan mengijinkan terapi berjalan tanpa Anda perlu melakukan upaya secara sadar. Hipnoterapi bukan cognitive therapy. Hipnoterapi adalah terapi yang dilakukan dalam kondisi atau dengan bantuan kondisi hipnosis.

Untuk bisa masuk ke pikiran bawah sadar yang dibutuhkan adalah niat, kepasrahan, dan keikhlasan. Semakin pasrah semakin baik. Bila Anda berusaha atau berupaya untuk bisa tance maka semakin Anda berusaha akan semakin tidak bisa. Trance adalah sesuatu yang terjadi secara alamiah dan tidak membutuhkan upaya sadar.

9. Anda tahu dengan jelas aspek apa yang ingin diatasi dengan hipnoterapi Anda harus tahu, apa yang Anda harapkan untuk terjadi dengan mendengarkan audio hipnoterapi. Jika  tidak jelas apa yang Anda inginkan untuk terjadi, maka membuat pikiran bawah sadar bingung dan tidak bisa fokus membantu Anda dalam proses terapi.

10. Hipnoterapi bukan pil ajaib / Anda tidak over-ekspektasi

Walau hipnoterapi terbukti secara klinis dan empiris sangat efektif untuk mengatasi berbagai masalah yang berhubungan dengan mental dan atau emosi, namun sama halnya teknik terapi lainnya hipnoterapi juga punya keterbatasan. Proses terapi membutuhkan waktu.

11. Komitmen untuk menjalani terapi Anda perlu komit untuk menjalani terapi antara satu hingga empat minggu. Komitmen awal adalah untuk 1 minggu. Satu sesi berlangsung sekitar 20 sampai 30 menit, Anda bisa melakukan terapi sehari satu atau dua kali. Bila masih dibutuhkan terapi bisa dilanjutkan hingga 4 minggu, bahkan audio terapi bisa Anda gunakan selamanya.

12. Anda tidak menganalisa

Jika Anda mndengarkan audio terapi hanya ingin “belajar” teknik yang digunakan. Akibatnya, Anda tidak bisa masuk ke kondisi hipnosis dan terapi tidak berhasil.

Keingintahuan Anda membuat pikiran sadar Anda tetap aktif karena melakukan analisa. Hal ini menghambat proses induksi sehingga Anda tidak bisa berpindah dari kesadaran normal ke kondisi trance.

13. Anda mampu memahami bahasa dalam audio hipnoterapi

Pemahaman bahasa sangat penting dalam hipnoterapi. Setelah proses induksi biasanya Anda akan menutup mata sampai terapi selesai. Audio terapi berkomunikasi dengan pikiran bawah sadar Anda secara verbal.

Untuk itu Anda harus bisa memahami bahasa yang digunakan. Bila misalnya audio terapi menggunakan bahasa Indonesia dan Anda kurang cakap berbahasa Indonesia maka terapi tidak efektif.

14. Anda tidak di bawah pengaruh obat penenang

Mereka yang sedang di bawah pengaruh obat penenang biasanya akan sulit menerima sugesti. Pengaruh obat penenang menjadikan perasaan Anda menjadi tumpul. Anda tidak dapat merasakan emosi, padahal emosi inilah yang akan diproses dalam terapi.