site hit counter
     

Cara Mencegah Remaja Merokok

Seorang remaja yang mencoba untuk merokok merupakan hal yang normal-normal saja karena emosi mereka yang belum stabil, sehingga dalam proses berpikir mereka cenderung ke hal-hal yang menyenangkan tanpa memikirkan akibatnya. Akan tetapi jika terlalu sering dapat menyebabkan masalah yang sangat serius pada kesehatannya, yang di akibatkan zat-zat kimia beracun seperti nikotin dan tar yang terkandung di dalam rokok.

Berikut ini adalah beberapa macam bahaya merokok bagi pelajar remaja :

  • Saat mereka sakit sulit untuk cepat sembuh
  • Terganggunya perkembangan paru-paru
  • Mengganggu aktivitas di sekolah
  • Kenakalan remajaPenuaan dini

Jika seseorang ingin mempelajari lebih lanjut tentang bagaimana mencegah remaja supaya tidak merokok, ada beberapa fakta yang perlu diketahui dan dipertimbangkan.

Merokok di kalangan remaja memang sudah meluas dan sangat banyak, baik di sebabkan dari pergaulannya atau lingkungannya yang lain. Peran orang tua sangat penting agar seorang remaja tidak merokok.

Ada beberapa tanda-tanda yang bisa menunjukkan seorang remaja merokok, misalnya sering tidak sekolah karena malas atau perubahan kinerja sekolah. Itu  merupakan salah satu tanda yang harus orang tua ketahui.

Jika anak remaja minta untuk uang sakunya dinaikkan, ini juga harus di pertimbangkan, bisa-bisa ia menggunakan uangnya untuk hal-hal yang kurang baik, seperti merokok. Jadi perlu di awasi dengan baik.

Cara mencegah agar seorang anak remaja tidak merokok adalah:

1. Lakukan komunikasi

Kebanyakan orang tua tidak ingin mencari tahu tentang keadaan anak remajanya, sehingga menyebabkan mereka bertindak seenaknya sendiri seperti tanpa aturan. Jadi penting untuk selalu menjaga komunikasi dengannya agar Anda sebagai orang tua tahu sejauh mana perkembangan sikap anak remaja Anda.

2. Memberi contoh yang baik

Jika Anda ingin menyuruh anak remaja Anda menjadi baik, usahakan Anda harus memberi contoh yang baik kepadanya. Jika Anda ingin anak remaja Anda tidak merokok, maka Anda juga jangan merokok. Itu adalah cara yang mudah bagaimana mencegah seorang remaja merokok.

3. Selalu mengawasi dengan baik

Anda sebagai orang tua harus selalu mengawasi anak remaja Anda. Akan tetapi jangan terlalu berlebihan dalam mengawasinya, berilah kebebasan kepada seorang remaja untuk menggali bakat yang di miliki. Selama itu baik, Anda jangan sampai melarangnya.

Cobalah beri kepercayaan dan tetaplah bersikap santai kepadanya, jangan sampai Anda sebagai orang tua menekannya karena itu akan membuat seorang remaja stres dan akhirnya malah merokok.

4. Beri pengetahuan dan pengarahan baik tentang bahaya rokok

Anda sebagai orang tua, harus selalu memberi pengetahuan dan pengarahan yang baik kepada anak remaja Anda tentang bahaya yang di timbulkan dari rokok. Selalu memberi motivasi yang baik kepada anak remaja Anda, kalau dia bisa melakukan dan menjadi yang terbaik. Dengan seperti itu anak remaja Anda merasa di beri kepercayaan yang baik, dan akhirnya diapun terhindar dari rokok.

Keterangan diatas adalah beberapa cara mudah yang bisa Anda lakukan agar dapat mencegah seorang remaja merokok.

Jika Sudah Merokok, Bagaimana Solusinya?

Jika remaja, atau bahkan Anda sendiri sudah merokok, maka tentunya akan lebih sulit untuk menghilangkan kebiasaan ini daripada menahan diri untuk tetap tidak merokok. Untung saja ada metode hipnoterapi yang bisa digunakan untuk menghilangkan kebiasaan merokok, agar lebih jelas bagaimana terapi ini bekerja  silakan klik link ini: Stop Smoking-Menghentikan Kebiasaan Merokok

 

Baca Juga :

10 Cara Efektif Menghilangkan Kecanduan Rokok

6 Cara Cepat Menghilangkan Kebiasaan Merokok yang Wajib Anda Tahu

Alasan Remaja Merokok

Bahaya Rokok bagi Organ Tubuh

Dampak Buruk Kebiasaan Merokok

Upaya Pencegahan Merokok di Kalangan Remaja

Zat Berbahaya Dalam Rokok

Artikel lainnya klik disini

 

Tegged in : bahaya merokok bagi pelajar, bahaya merokok bagi pelajar smp, dampak negatif merokok bagi pelajar, cara pencegahan merokok, cara mengatasi merokok di kalangan pelajar, pencegahan bahaya merokok, dampak bahaya merokok bagi pelajar, bahaya merokok bagi pelajar sekolah, cara menghindari rokok bagi pelajar, rokok di kalangan pelajar, bahaya rokok bagi siswa, upaya pencegahan merokok bagi pelajar, cara penanggulangan merokok, pencegahan merokok pada anak anak, upaya pencegahan merokok di masyarakat