site hit counter
     

Apa itu Percaya Diri?

Mungkin sebagian besar dari Anda sering mendengar kata-kata percaya diri, namun dengan seringnya Anda mendengar kata-kata tersebut Anda belum tentu paham apa itu percaya diri sesungguhnnya.

Percaya diri pada dasarnya adalah sikap yang memungkinkan Anda untuk memiliki persepsi positif dan realistis dari diri Anda sendiri dan kemampuan Anda. Hal ini ditandai dengan pribadi dari Anda seperti ketegasan, optimisme, antusiasme, kasih sayang, kebanggaan, kemandirian, kepercayaan, dan kemampuan untuk menangani kritik dan kematangan emosional. Percaya diri merupakan salah satu aspek yang sangat penting dalam kehidupan manusia, tanpa percaya diri pasti akan terasa tidak nyaman.

Orang yang percaya diri yakin atas kemampuan mereka sendiri serta memiliki pengharapan yang realistis, bahkan ketika harapan mereka tidak terwujud, mereka tetap berpikiran positif dan dapat menerimanya.

Orang yang tidak percaya diri memiliki konsep diri negatif dan kurang percaya pada kemampuannya, karena itu ia sering menutup diri.

Menurut Thantaway dalam Kamus istilah Bimbingan dan Konseling (2005:87), percaya diri adalah kondisi mental atau psikologis diri seseorang yang memberi keyakinan kuat pada dirinya untuk berbuat atau melakukan sesuatu tindakan.

Psikolog W.H.Miskell di tahun 1939 telah mendefinisikan arti percaya diri dalam bukunya yang bertuliskan “Percaya diri adalah kepercayaan akan kemampuan sendiri yang memadai dan menyadari kemampuan yang dimiliki, serta dapat memanfaatkannya secara tepat.”

Selain itu psikolog yang cukup terkenal di dunia yang bernama Maslow berkata “Percaya diri merupakan modal dasar untuk pengembangan aktualitas diri. Dengan percaya diri orang akan mampu mengenal dan memahami diri sendiri."

Sementara itu, kurangnya percaya diri akan menghambat pengembangan potensi diri. Jadi orang yang kurang percaya diri akan menjadi seseorang yang pesimis dalam menghadapi tantangan, takut dan ragu-ragu untuk menyampaikan gagasan, serta bimbang dalam menentukan pilihan dan sering membanding-bandingkan dirinya dengan orang lain".

Jadi dapat di artikan bahwa percaya diri adalah kondisi mental atau psikologi seseorang, di mana individu dapat mengevaluasi semua kekurangan yang ada dalam dirinya sehingga dapat memberikan keyakinan yang kuat pada dirinya untuk melakukan suatu tindakan atau perbuatan yang ingin di lakukan.

Untuk mengetahui informasi lebih lengkap tentang percaya diri dan berbagai cara mengatasi berbagai masalah percaya diri silahkan klik link ini http://www.terapiotak.com/artikel_meningkatkan_percaya_diri.htm