site hit counter
     

Alasan Perlunya Hypnotherapy Berat Badan

Hypnotherapists sudah terbiasa dengan fakta bahwa klien memiliki prasangka tertentu tentang hipnoterapi. Banyak dari klien yang  mungkin berpikir seperti: "dia akan membuat saya keok seperti ayam" atau "dia akan membuat saya mengikuti semua peritahnya". Perlu saya menjelaskan bahwa terapi ini bukan seperti sulap yang oleh karena itu hipnoterapi tidak dimasukkan dalam kategori trik sulap. Hipnoterapi adalah terapi membutuhkan kemitraan antara klien dan terapis yang bertujuan dimana klien ingin menjadi apa yang ia inginkan.

Harapan klien sangat penting agar hipnoterapi dapat berhasil dengan baik. Jika klien memiliki harapan yang tinggi untuk sukses maka ia akan menemukan sebuah solusi. Jika ia memiliki harapan yang rendah atau negatif, ia tidak akan pernah mendapatkan penurunan badan yang ia inginkan. Sebaliknya, bila ia berpikir positif bukan hal yang tidak mungkin  mendapatkan hasil yang luar biasa.

Mengapa seseorang mempunyai masalah berat badan? Kondisi setiap orang berbeda, tapi ada beberapa alasan umum bagi mereka yang mempunyai masalah berat badan:

  1. Alasan pribadi makan terburu-buru, ataupun bisa juga disebabkan oleh rendahnya harga diri.

  2. Alasan Lifestyle - terlalu sibuk sehingga tidak ada waktu memasak, tidak ada waktu atau tidak ada keinginan untuk berolahraga dll.

  3. Alasan Fisik - masalah yang berkaitan dengan metabolisme dan sebagainya.

Kategori ini tidaklah eksklusif, seseorang mungkin menemukan bahwa masalah berat badan mereka adalah karena faktor dari setiap kombinasi dari tiga kelompok. Untuk memperjelas masalah, lihatlah penjelasan contoh yang ada di bawah:

Contoh kombinasi dari item no satu dan dua: Seorang manusia yang hidup sendiri. Dia tidak dapat diganggu untuk hanya keperluan memasak sehingga ia membeli makanan yang  instan/siap dimasak. Dia mengklaim bahwa dia makan dalam jumlah yang sederhana, dan itu mungkin benar. Tapi itu mungkin makanan yang menyebabkan masalah. Contohnya:  seperti sossis dan mi instan.

Contoh kombinasi item no satu, dua, dan tiga: Seorang wanita kesepian dan frustrasi sering mengkonsumsi coklat, kue, permen dan keripik. Menurutnya bahwa makanan itu adalah makanan yang bisa membuat hati merasa senang (ketika sedang stres, pikiran mengirimkan sinyal lapar ke perut, untuk mendapatkan tambahan energi). Dia merasa dia tidak layak untuk menjadi bahagia jadi apa bedanya jika dia kelebihan berat badan?

Bahkan pada contoh di atas akan menunjukkan bahwa, seseorang yang hidup sendirian lebih rentan terkena masalah berat badan, tampaknya mengontrol berat badan sendirian merupakan pendekatan yang tidak sesuai untuk semua orang. Masalah pribadi mungkin perlu diakui dan dipisahkan dari masalah lainnya. Masalah berat badan dapat didekati dengan berbagai cara. Berikut adalah beberapa metode yang dapat digunakan:

1. Saran Langsung  

Ini adalah semacam hal yang biasanya diajarkan di pelatihan hipnoterapi. Saran ini menekankan bahwa Anda akan makan lebih sedikit, makan dengan lambat dan mencoba mengurangi asupan lemak dan karbohidrat yang berlebihan dll. Salah satu keuntungan pada metode ini, Anda dapat berpikir sehat dan sederhana. Sedangkan untuk kerugian atu kelemahannya yaitu kurangnya kejelasan dan fleksibilitas. Makan lebih sedikit memang baik, itulah yang Anda tangkap dari sugesti ini, namun sebenarnya yang tepat jika Anda ingin menurunkan berat badan adalah makan dengan porsi yang "kurang"? Sehingga makan dengan porsi kurang ini bisa mengurangi  semua lemak jenuh, karbohidrat dll.

2. Penguatan Positif

Jika klien tahu apa jenis makanan yang dia harus makan maka kita dapat memperkuat ini dengan menekankan kelezatan dari makanan "sehat".
Juga penekanan ini dapat memperkuat keuntungan positif menurunkan berat badan, merasa lebih baik, lebih sehat, dan semangat.

3. Visualisasi.

Di sini kita
mengarahkan klien untuk "melihat" diri mereka sendiri bagaimana bentuk tubuh klien ketika nanti ia berhasil menurunkan berat badan, menjadi lebih ramping, kuat dan sehat. Keuntungannya adalah bahwa hal itu memberikan motivasi yang terarah ke tujuan yang ingin dicapai. Sedangkan k
erugiannya adalah bahwa seseorang tidak memiliki cara untuk mengetahui apakah apa yang mereka "lihat" layak, sehat atau realistis.

4. Aversion.

Teknik Aversion adalah teknik membandingkan sesuatu yang disukai klien dan itu akan merugikan nya dengan sesuatu yang menjijikkan. Misalnya, cokelat dapat dihubungkan dengan sesuatu yang berwarna cokelat yang biasanya adlah makanan yang sudah membusuk. Teknik ini juga punya kelemahan, karena seperti contoh diatas, kita tentunya tahu tidak semua yang cokelat adalah busuk.

5. Self-hypnosis.

Ini memiliki keuntungan besar dari kemudahan dan fleksibilitas. Jika Anda tahu dalam situasi apa atau makanan yang menyebabkan masalah, maka Anda dapat "menargetkan" secara efektif menggunakan teknik belajar yang sederhana dan mudah.

Lima metode diatas hanya beberapa metode yang dapat Anda praktekkan, dan kelima hal diatas dapat digunakan secara tunggal atau kombinasi.

Masalah paling berat dan sedikit lebih rumit adalah ketika Anda merencanakan penurunan berat badan dalam jangka panjang. Jika Anda ingin solusi jangka pendek, modifikasi sederhana dari diet maka mungkin dapat dilakukan dengan cepat dan mudah. Tetapi jika Anda mencari solusi untuk jangka panjang maka ada tiga langkah untuk sukses yaitu: Memahami, Perencanaan dan Komitmen.

Memahami. Memahami mengapa Anda kelebihan berat badan. Memahami penyebabnya. Ini merupakan langkah pertama yang paling sulit dari yang lainnya. Orang sering menipu diri sendiri. Mungkin seseorang merasa mempunyai pola makan yang sehat, namun ia mempunyai masalah berat badan. Dengan demikian ia perlu meneliti pola makannya kembali.

Perencanaan. Berat badan merupakan masalah yang serius. Ini bisa menjadi masalah hidup atau mati. Anda perlu memutuskan kapan untuk memulai. Setelah memilih waktu Anda kemudian harus berpikir tentang kepraktisan. Apakah hal ini cocok dengan gaya hidup Anda? Apakah anggota keluarga Anda merasa terganggu dengan rencana Anda? Apakah perubahan yang Anda rencanakan merupakan diet sehat, dan praktis? Jika tidak sehat, apakah ada cara lain untuk mencapai tujuan Anda?

Komitmen. Anda tahu apa yang Anda lakukan, mengapa Anda melakukannya dan kapan Anda akan menerapkan perubahan ini. Kemudian Anda harus berkomitmen untuk tujuan yang Anda inginkan. Jika Anda benar-benar ingin menurunkan berat badan - Anda pasti bisa!

Terahir, apa yang saya uraikan diatas adalah semua yang merupakan penjelasan  isi dari audio terapi berat badan, jika Anda berminat untuk mendapatkan CD nya silakan klik: Weight Loss-Menurunkan Berat Badan