Alasan Remaja Merokok

Merokok merupakan masalah kesehatan utama yang sangat memprihatinkan saat ini terutama di kalangan remaja. Padahal kebanyakan orang tahu bahwa merokok itu buruk bagi kesehatan mereka tapi mereka malah semakin banyak yang mengkonsumsinya.

Merokok sangat populer di kalangan siswa di sekolah tinggi dan merupakan hal yang biasa di lakukan di kalangan mahasiswa khususnya di kalangan remaja. Bahkan anak-anak SMA dan dibawahnya juga banyak meniru mereka ini.

Merokok dari segi apapun tampaknya tidak ada segi baiknya. Remaja yang perokok aktif menimbulkan banyak masalah dan bisa berakibat parah bagi kesehatannya, psikologisnya dasn bahkan masa depannya.

Dalam artikel kali ini saya akan berusaha alasan apa yang menyebabkan para remaja memulai merokok:

Faktor-faktor berikut inilah yang menjadi alasan mengapa para remaja merokok:

1. Meniru orang dewasa

Melihat orang yang lebih besar darinya merokok membuat para remaja terpengaruh dan ingin melakukan hal yang serupa sehingga itu menjadi sebuah kebiasaan yang sulit di hilangkan.

2. Masalah keluarga

Seorang remaja yang kondisi keluarganya tidak baik maka mereka akan cenderung stres memikirkan hal itu, untuk melampiaskan kekesalannya biasanya mereka melakukan hal-hal yang kurang baik seperti merokok.

3. Sikap keingintahuan

Di usia remaja seseorang pasti memiliki rasa ingin tahu yang tinggi, mereka selalu ingin tahu bagaimana hal tersebut dapat bermanfaat bagi dirinya atau sebaliknya dan mereka menunjukkan keingintahuan mereka dengan melakukan suatu percobaan.

4. Respon terhadap tekanan teman sebaya

Teman sebaya dalam lingkungannya berpengaruh besar terhadap seorang remaja yang belum merokok, sebab teman akan selalu mempengaruhi untuk merokok karena biasanya kalau tidak merokok seseorang tersebut di anggap tidak jantan atau penakut padahal itu merupakan persepsi yang salah.

5. Efek adiktif nikotin

Senyawa utama yang ditemukan dalam tembakau yaitu zat adiktif, nikotin dan yang lainnya menjadikan kecanduan. Setelah remaja mulai merokok, mereka selalu merasa ketagihan untuk melanjutkan kebiasaan sehingga sulit untuk menghentikannya.

6. Menganggap rokok dapat meningkatkan kemampuan

Banyak remaja yang menjadi perokok dengan keyakinan yang salah bahwa merokok dapat meningkatkan kinerja akademik maka dari itu banyak remaja masih sekolah banyak yang merokok. Persepsi salah ini bisa juga dari iklan rokok.

7. Merasa hebat

Kebanyakan remaja laki-laki  dan perempuan menganggap merokok sebagai cara agar mereka terlihat hebat dan keren, padahal yang seperti itu merupakan keyakinan yang salah.

8. Agar terlihat tampil lebih bergaya

Dengan merokok para remaja menganggap dirinya semakin lebih bergaya sehingga menurutnya lebih mudah untuk merayu lawan jenis.

Kedelapan faktor-faktor diatas adalah penyebab yang lebih umum bagaimana orang mulai merokok yang ahirnya kecanduan dan sulit menghentikannya

Untuk Anda kalau memang benar-benar ingin terhindar dan berhenti dari asap rokok, Anda dapat menggunakan sebuah CD Audio Hipnoterapi yang bisa Anda dapatkan dengan mudah tanpa harus mengeluarkan banyak waktu dan biaya Anda. Hasilnya sangat efektif seperti yang Anda inginkan.

Untuk mengetahui lebih lanjut tentang CD Audio Hipnoterapi dan selengkapnya silakan klik link ini:Stop Smoking-Menghentikan Kebiasaan Merokok.

Juga sangat penting bagi Anda, memahami bagaimana hipnoterapi bisa menghilangkan kebiasaan merokok. Untuk artikel-artikel yang memberi kejelasan tentang hipnoterapi sudah saya kumpulkan pada bagian bawah tiap halaman, silakan dibaca dan dipahami, jika ada yang ingin ditanyakan bisa langsung ke bagian konsultasi, yaitu Bpk Ajib Mustajib.

 

 

Baca Juga :

10 Cara Efektif Menghilangkan Kecanduan Rokok

6 Cara Cepat Menghilangkan Kebiasaan Merokok yang Wajib Anda Tahu

Bahaya Rokok bagi Organ Tubuh

Cara Mencegah Remaja Merokok

Dampak Buruk Kebiasaan Merokok

Upaya Pencegahan Merokok di Kalangan Remaja

Zat Berbahaya Dalam Rokok

Artikel lainnya klik disini