site hit counter
     

Penjelasan Hypnosis & Hypnotherapy Secara Klinis

Audio Hipnoterapi akan menempatkan Anda ke dalam keadaan pikiran pada kondisi konsentrasi yang intens secara normal dan alami.

Mengalami hipnosis atau hipnoterapi tidaklah berarti tidur, atau tidak sadarkan diri.  Hipnoterapi adalah pengendalian pikiran, kondisi hipnoterapi adalah kondisi kesadaran yang berubah kedalam pikiran yang lebih dalam.

Umumnya kondisi hipnoterapi dialami sebagai keadaan tenang dan santai, berbeda dengan tidur. Selama hipnosis (keadaan kesadaran yang berubah) Anda menyadari lingkungan Anda, mendengar suara, bau bauan, juga menyadari gerakan dan mengendalikan tindakan Anda. Kesadaran TIDAK hilang, melainkan menjadi lebih selektif.

Kondisi hipnosis/hipnoterapi menjadikan Anda lebih menyadari proses internal daripada kegiatan dunia luar dan gangguan.  Studi ilmiah kontemporer menunjukkan trance adalah keadaan pikiran alami dan normal, seperti halnya kondisi kesadaran lainnya, seperti kewaspadaan atau kesenangan.

Ketika terapis membimbing dan membantu Anda untuk masuk kondisi hipnosis, maka Anda dapat menerima atau menolak secara bebas. Jadi agar bisa masuk kondisi hipnosis harus ada ijin dan niat dari Anda, Anda dapat berbicara, mendengar, dan berkomunikasi jika diperlukan.

Dalam proses hipnoterapi, kita mengenal proses yang dinamakan visualisasi. Visualisasi ini bisa terjadi dengan saran atau sugesti. Ketika Anda sudah bisa bervisualisasi, berarti Anda sudah masuk ke pikiran bawah sadar. Gambar-gambar atau visualisasi ini mungkin tidak "rasional" untuk pikiran sadar Anda, akan tetapi mereka adalah simbol yang bisa menjadi alat yang sangat ampuh dalam membantu untuk memandu Anda menyembuhkan atau memperbaiki diri sendiri.

Sering kali, terapis memberikan saran untuk membantu Anda dalam memasuki alam bawah sadar, dan setiap orang menafsirkan saran ini dengan cara yang berbeda, atau memandang saran dengan cara mereka sendiri, sesuai dengan apa yang dibutuhkan oleh mereka pada saat itu - Anda akan merasakan sesi yang berbeda dari orang lain, karena pikiran bawah sadar Anda sendiri tahu persis bagaimana menginterpretasikan gambar atau saran dengan cara yang tepat dan dibuat khusus untuk Anda.

Anda selalu Berada dalam Kontrol

Hal ini penting untuk mengetahui bahwa pikiran sadar Anda memiliki komponen yang bertindak sebagai kritikus dan beroperasi secara otomatis saat Anda menggunakan pikiran sadar Anda. Ini bagian dari pikiran Anda akan memastikan bahwa apa pun yang disarankan untuk Anda adalah sesuai dengan sistem keyakinan Anda sendiri. Anda tidak akan pernah melakukan apa pun yang biasanya Anda tidak ingin lakukan.

Ada faktor penting dalam pikiran sadar Anda yang bertanggung jawab untuk menjaga Anda terus-menerus dalam keyakinan Anda. Untuk bisa melewati bagian penting dari pikiran sadar ini , ahli hipnoterapi menggunakan hipnosis untuk memotong pemikiran kritis untuk memasuki pikiran bawah sadar Anda. Setelah berhasil masuk alam bawah sadar, maka ahli hipnoterapi memasukkan sugesti yang berfungsi untuk perubahan perilaku. Jika pikiran-pikiran baru, ide-ide dan saran yang Anda izinkan masuk ke dalam alam bawah sadar Anda, maka akan terjadi perubahan pola pikir, dan tergantung pada kondisi, Anda secara otomatis akan mengalami perubahan sesuai dengan saran.

Sugesti, saran, atau gambar visual harus dimasukkan dengan rapi dan terstruktur. Sugesti yang sama jika disampaikan oleh proses yang berbeda - variasi infleksi suara, intonasi (delivery), cara mendengarkan dan jadwal yang ber beda, semua dapat mempengaruhi hasil yang berbeda pula.

Penting untuk dicatat bahwa sugesti dan proses yang digunakan untuk mengelola pikiran Anda yang kami ciptakan telah diteliti secara klinis dan efektif yang telah diterapkan pada banyak klien (istilah yang digunakan untuk seseorang yang diterapi bulanlah pasien, tapi disebut klien) selama bertahun-tahun sebelum rekaman dibuat.

Ketika Anda berada dalam kondisi hipnosis (keadaan kesadaran yang berubah), Anda akan selalu dilindungi dan tidak akan pernah menerima saran yang tidak dalam kepentingan Anda. Anda pun tidak akan pernah bisa menerima sugesti yang Anda sendiri tidak ingin dengan itu.
Ketika Anda mendengarkan sesi terapi, indra Anda benar-benar menjadi lebih sensitif. Sehingga Anda mempunyai kemampuan lebih dalam hal memutuskan apa yang akan atau tidak akan Anda terima.

Pikiran Sadar

Pikiran sadar adalah pikiran rasional. Selain itu juga berfungsi untuk mengindentifikasi informasi yang masuk melalui panca indera. Membandingkan informasi yang masuk dengan referensi yang ada di memori pikiran bawah sadar yang tertanam, menganalisis dan memutuskan.

Pikiran rasional belum tentu benar. Seperti kata-kata "Aku bisa melakukan itu" atau "Saya tidak bisa melakukan itu" mungkin rasional, namun tidak selalu  benar. Dari itu, jika kita memilih dan selalu menggunakan rasional, maka sering terjadi salah pilihan. Hal ini di karenakan pikiran rasional adalah pikiran sadar yang hanya mempunyai kemampuan tidak lebih dari 12% dari kekuatan pikiran kita.

Pikiran sadar adalah pikiran yang dominan kita gunakan untuk menjalani hari, dan mengatur fungsi tubuh atau gerakan dan perintah sukarela (bergerak, berjalan, tindakan makan, dll dilakukan pada tingkat sadar.)

Pikiran Bawah Sadar

Pikiran bawah sadar adalah master dan memiliki kontrol lebih kuat. Hal ini dikarenakan 88% dari pikiran kita adalah pikiran bawah sadar. Pikiran bawah sadar bertanggung jawab pada sebagian besar fungsi tubuh kita -seperti detak jantung, pencernaan, berkedip, dll.  Sebagian besar dari "gerakan otomatis" juga dikontrol pikiran bawah sadar. Dengan memahami hal ini, kita bisa membuka kekuatan pikiran untuk membantu tubuh. Pikiran itu dimaksudkan untuk berfungsi pada tingkat yang jauh lebih tinggi, dan dengan menggunakan hipnosis Anda dapat memanfaatkan sumber daya diri Anda sendiri. Benar-benar tidak ada upaya yang diperlukan, melainkan Anda membiarkan diri Anda untuk masuk ke dalam keadaan relaksasi untuk mencapai pikiran bawah sadar, di mana Anda berada dalam keadaan menerima untuk perubahan dan penyembuhan.

Pikiran bawah sadar tidak memiliki emosi, tidak tahu perbedaan antara realitas atau fakta, dan non-realitas, dan mampu untuk belajar. Ini membuat Anda aman, dan apa yang memandu Anda untuk melakukan hal-hal dengan cara otomatis.

Hypnotherapy dan Hypnosis dapat Membantu Pikiran dan Tubuh Bekerja Bersama-sama

Setiap kali Anda mengatakan sesuatu kepada diri sendiri, atau memiliki pengalaman dalam pikiran sadar Anda, pikiran bawah sadar Anda membuat catatan itu dan memegang untuk menjadi "benar." Sekali kepercayaan yang telah Anda dapatkan, itu menjadi bagian dari Anda. Hipnosis mencapai pikiran bawah sadar untuk membantu mengubah keyakinan, perilaku dan pikiran yang tidak diinginkan. Setelah pikiran-pikiran baru telah masuk, mereka menjadi otomatis mengubah Anda, baik psikologis, fisiologis, bahkan spiritual.

Satu hal yang perlu diingat adalah bahwa hipnosis tidak akan bekerja jika Anda tidak benar-benar ingin perubahan, atau Anda tidak yakin bahwa itu benar-benar akan membantu - atau menggunakan bahasa batin yang menyiratkan kepada pikiran sadar bahwa Anda tidak yakin bahwa itu akan bekerja.

Namun, kadang-kadang, dengan ketekunan, pikiran terbuka dan reseptif, walaupun awalnya ada keraguan dan tidak yakin, hipnosis atau hipnoterapi tetap bisa membantu.

Biar lebih jelas lagi silakan baca: artikel-artikel kami disini!