Waspadai Disleksia pada Anak Sejak Dini

Kumpulan Artikel Lainnya » Kumpulan Artikel Lainnya » Waspadai Disleksia pada Anak Sejak Dini

Meskipun sudah duduk dibangku kelas 2 SD tetapi anak anda belum juga dapat membaca. Sudah berbagai cara anda lakukan untuk maelatihnya membaca tetapi anak anda belum juga dapat menguasainya. Jangan terburu-buru anda menyalahkan anak atas ketidakmampuannya ini. Mungkin ada sesuatu gangguan yang membuatnya kesulitan untuk membaca seperti gangguan disleksia. Waspadai disleksia pada anak sejak dini agar memudahkan untuk mengatasinya.

Membaca merupakan salah satu kebutuhan pokok yang harus dikuasai oleh semua orang. Tanpa kemampuan membaca seseorang pasti akan merasa kesulitan dalam melakukan aktivitas, mudah dibodohi, dan akan selalu tertinggal. Oleh karena itu setiap orang harus dapat menguasai kemampuan membaca demi masa depannya.

Semua anak, pada awal masuk sekolah pastilah pernah mengalami kesulitan membaca dan menulis. Ini wajar karena persepsi visual anak-anak di bawah umur 8 tahun masih belum matang. Tak heran, banyak anak kelas 1 dan 2 SD yang masih salah menulis dan membaca. Agar anak lancar dan pandai menulis butuh banyak latihan dan perjuangan. Namun bila kesulitan-terbata membaca, tulisannya buruk, dan tak menggunakan spasi dalam menulis, itu menetap meski anak sudah berada di kelas 5 atau 6 berarti ada sesuatu yang salah. Boleh jadi anak mengalami gangguan disleksia.

Disleksia merupakan salah satu jenis kesulitan belajar pada anak berupa ketidakmampuan membaca dan menulis. Gangguan ini tidak disebabkan ketidakmampuan penglihatan, pendengaran, intelegensia, atau keterampilannya dalam berbahasa, tetapi lebih disebabkan oleh gangguan dalam proses otak ketika mengolah informasi yang diterimanya. Disleksia bukanlah penyakit menular yang mematikan . Biarpun begitu, anak dengan disleksia perlu mendapat penanganan yang  tepat.

anak disleksia memiliki ciri mengalami kesulitan mengerjakan sesuatu yang memerlukan hafalan, susah mengurutkan sesuatu, dan memiliki gerak motorik  yang kurang baik. Penyebab pasti dari disleksia ini belum ditemukan, hanya saja banyak para pakar yang mengatakan, bahwa, disleksia yang dialami oleh seseorang, biasanya disebabkan oleh adanya kelainan pada otak.

Seorang anak disleksia mengalami kesulitan dalam keaksaraan dan dapat mengalami banyak penderitaan dan trauma ketika mereka mungkin merasa dilecehkan oleh teman-teman mereka dalam lingkungan sekolah karena mereka memiliki kesulitan belajar. Anak-anak ini kerap memandang dirinya negatif dan kurang kompeten. Akibatnya mereka sering dihinggapi rasa cemas, gugup , kurang motivasi, serta pendeknya konsentrasi dan perhatian.

Sebagai orangtua, sesungguhnya kita bisa mendeteksi disleksia pada anak sedini mungkin. Amati saja apakah dalam kesehariannya anak sering merasa kesulitan membedakan antara kiri dan kanan, atas dan bawah, kemarin dan besok, atau siang dan malam. Atau ia kerap menabrak dinding yang terlihat jelas, sering tersesat saat berada dalam lingkungan baru, tak menyukai mainan puzzle, susah membedakan  huruf-huruf yang bentuknya mirip seperti ‘b’ dan ‘d’, ‘p’ dan ‘q’ , ‘m’ dan ‘w’.

Mengatasi kesulitan belajar pada anak disleksia harus memahami terlebih dahulu minat dan cara belajar anak. Hal ini karena anak disleksia cenderung melihat huruf dengan cara yang berbeda dari anak normal. Anak disleksia memiliki cara pandang dan melihat huruf secara terbalik dan lebih mudah memahami sesuatu dalam bentuk gambar. Untuk itu, Anda bisa memanfaatkan cara belajar anak disleksia untuk mengatasi kesulitan belajar yang dialaminya. Seperti menggunakan media belajar berupa gambar untuk membantu memudahkan dalam mengenalkan huruf, membedakan huruf hingga akhirnya anak disleksia mampu membaca dan menulis dengan lancar.

Jika anak belum bisa membedakan mana huruf-huruf yang mirip seperti b dan d, p dan q, maka cara pengajaran yang perlu dilakukan adalah mempelajari hurufnya satu persatu. Misalnya fokuskan pengajaran kali ini pada huruf b. Tulislah huruf b dalam ukuran yang besar kemudian mintalah anak untuk mengucapkan sembari tangannya mengikuti alur huruf b atau membuat kode tertentu oleh tangan. Latihlah dan perkuatlah terus menerus sampai ia bisa menguasainya, setelah itu mulailah beranjak ke huruf d, dan ulangi pada huruf-huruf lain yang sulit dibedakan anak.

Bila anak sudah dapat membedakan huruf maka anak dapat mulai diajarkan membaca. Terdapat dua cara untuk mengajarkan anak membaca kata-kata: melihat dan mendengar kata tersebut satu persatu. Buatlah kata yang dicetak dalam ukuran besar – misalnya ‘buku’, setelah itu kita ucapkan ‘buku’, lalu mintalah anak mengulangi apa yang kita ucapkan yaitu ‘buku’. Tunjukanlah kata tersebut terus menerus, tambahkanlah beberapa kata yang sudah ia ketahui, hingga ia mengenali dan dapat mengucapkannya langsung begitu ia melihat kata ‘buku’.

Sampai saat ini belum ditemukan obat yang bisa mengatasi disleksia. Namun anda jangan khawatir, karena metode terapi merupakan metode pengobatan yang paling tepat untuk meminimalisir serta menyembuhkan gangguan disleksia. Metode terapi yang bisa Anda gunakan untuk mengatasi gangguan disleksia tersebut yaitu Terapi Otak Dyslexia Treatment.

Terapi Otak Dyslexia Treatment merupakan sebuah terapi yang dirancang khusus oleh para ahli untuk membantu mengatasi kesulitan belajar anak akibat gangguan disleksia. Stimulasi gelombang otak dan visualisasi diri yang dilakukan saat menggunakan terapi ini akan mempermudah untuk memasuki pikiran bawah sadar sehingga memprogram otak untuk bisa menghilangkan disleksia dari hidup anak anda. Terapi Otak Dyslexia Treatment ini berbentuk audio dan dicetak dalam bentuk CD, dengan tujuan agar bisa dengan mudah untuk mendapatkan dan praktis menggunakannya.

Informasi lebih lanjut mengenai terapi untuk mengatasi disleksia silahkan anda klik disini


Hubungi Kami


CS I - Rina

Contact/SMS/WA

089 668 981 116

BB Messenger

580AC78B


CS II - Rio

Contact/SMS/WA

082 137 923 730

BB Messenger

5A268044


Jam Kerja: Hari Senin-Sabtu
Pukul 08:00-16:00 WIB
Diluar Jam Kerja Bisa SMS/Email


Testimoni

"Saya menerima CD Anda sekitar seminggu yang lalu dan telah mendengarkan secara rutin tiap hari. Saya merasakan perubahan besar dalam kekuatan mental dan kepercayaan diri saya. Sungguh audio terapi yang berkwalitas tinggi. Saya merekomendasikan pada teman-teman saya tentang CD terapiotak.com. Terimakasih, karena telah memberi saya jalan keluar".

(CD Self Confidence, M. Zakaria,Wonosobo-Jateng)

Lihat testimoni lainnya

KIRIMKAN TESTIMONI ANDA KE E-MAIL KAMI, HANYA TESTIMONI YANG SOPAN DAN MASUK AKAL SAJA YANG AKAN KAMI TAMPILKAN DI WEBSITE KAMI.


Nama Perusahaan

Perusahaan Terapi Otak
CV.KARYA ABADI

Alamat: Jl. Raya Jepara-Semarang Km 21, Sidigede 15/03, Welahan, Jepara, 59464, Semarang, Jawa Tengah

 

Produk CV.Karya Abadi
Sertifikat Terapi Otak

Produk terapiotak.com di buat dari software yang berlisensi untuk kepentingan komersial (Commercial Business Licensing) seperti menjual dalam bentuk CD dan menyediakan layanan download yang bisa menjadi hak paten terapiotak.com. Untuk hasil maksimal pakailah produk Musik Terapi Otak original dari terapiotak.com

Perlindungan Hak Cipta

Kami sangat berterima kasih atas respek Anda terhadap hasil karya cipta intelektual seseorang / sekelompok orang / perusahaan dengan tidak menyebar luaskan produk kami secara ilegal atau tanpa sepengetahuan.

Lihat Kemasan Terbaru

Cover Terapi Otak

Pastikan Anda Mendapatkan Produk Asli terapiotak.com sesuai Kemasan Diatas

 

LIHAT TAMPILAN WEBSITE LAMA

 

Temukan Kami

 

Promo Terapi Otak