Tips untuk Memperoleh Tidur yang Berkualitas

Kumpulan Artikel Lainnya » Artikel Tentang Penyembuhan dan Kesehatan » Tips untuk Memperoleh Tidur yang Berkualitas

Apakah Anda termasuk orang yang sering begadang? Jika betul demikian, mulai sekarang kurangilah kebiasaan anda tersebut. Begadang hanya akan mengurangi jumlah waktu tidur anda, akibatnya tidur kurang berkualitas sehingga anda akan mengantuk dan merasa kelelahan disiang hari. Hal tersebut akan berdamapk buruk bagi aktivitas dan pekerjaan anda disiang hari. Oleh karena itu, aturlah waktu tidur anda agar memperoleh tidur yang berkualitas. Berikut ini tips untuk memperoleh tidur yang berkualitas yang akan saya bagikan untuk anda.

Tidur memegang peranan yang sangat penting terhadap kesehatan dan kebugaran tubuh sepanjang hari. Memiliki tidur yang berkualitas dan sehat membantu menjaga kesehatan fisik, kesehatan mental serta kualitas hidup secara umum. Kurang tidur dapat mempengaruhi kemampuan berpikir, beraktifitas, produktivitas, kreativitas, belajar serta bekerja, dan memberikan dampak buruk terhadap tubuh.

Jumlah waktu tidur bagi setiap orang berbeda-beda tergantung oleh berbagai faktor, termasuk umur. Bayi membutuhkan waktu tidur yang lebih lama (hingga 18 jam) dibandingkan dengan orang dewasa (7-9 jam). Berikut ini adalah waktu tidur yang dibutuhkan oleh seseorang berdasarkan usianya.

  • Bayi baru lahir (usia 0-2 bulan), waktu tidur yang dibutuhkan 12-18 jam.
  • Bayi (usia 2-11 bulan), waktu tidur yang dibutuhkan 14-15 jam.
  • Batita (usia 1-3 tahun), waktu tidur yang dibutuhkan 12-14 jam.
  • Balita (usia 3-5 tahun), waktu tidur yang dibutuhkan 11-13 jam.
  • Anak-anak (usia sekolah 5-10 tahun), waktu tidur yang dibutuhkan 10-11 jam.
  • Remaja (usia 10-17 tahun), waktu tidur yang dibutuhkan 8,5-9,25 jam
  • Dewasa termasuk lansia, waktu tidur yang dibutuhkan 7-9 jam.
  • Wanita dibeberapa bulan awal kehamilan biasanya juga membutuhkan waktu tidur beberapa jam lebih lama dari biasanya.

Ada banyak sekali manfaat kesehatan dari kebiasaan tidur yang cukup dalam setiap harinya seperti untuk kesehatan jantung, mengurangi tingkat stres, dan menjaga memori supaya berfungsi dengan baik. Memperbaiki kualitas tidur sangat disarankan untuk dilakukan jika Anda ingin kondisi tubuh tetap sehat dan selalu bugar. Yang patut diperhatikan ialah bahwa kualitas tidur tidak didapat dari berapa lamanya kita tidur dalam semalam, melainkan berapa jam efektif kita tidur. Karena lamanya waktu tidur tak selalu berbanding lurus dengan kualitas tidur yang diperoleh seseorang.

Bagaimana cara memperoleh tidur yang berkualitas?

Berikut ini tips untuk memperoleh tidur yang berkualitas yang dapat dilakukan. Tips tersebut antara lain :

  • Membiasakan tidur secara rutin

Membiasakan tidur pada jam-jam tertentu secara rutin sangat efektif dalam membantu Anda dalam memperbaiki kualitas tidur. Misalnya Anda menetapkan mulai tidur pukul 22.00 dan bangun jam 05.00. Maka hal tersebut harus dilakukan secara rutin. Hal tersebut juga berlaku di waktu libur. Jangan mentang-mentang libur maka Anda bangun seenaknya meskipun harus kesiangan. Tidur pada waktu yang sama setiap malam membantu Anda untuk bangun pada waktu yang sama pula.

  • Memperbaiki pola makan dan memperbanyak gerak

Mulai saat ini sebaiknya Anda mulai mengurangi konsumsi kopi, minuman ringan maupun coklat. Begitu juga Anda sebaiknya mengurangi makanan-makanan pedas yang akan mengganggu perut Anda menjadi mulas dan konsekuensinya mengganggu jam tidur Anda juga. Dengan memperbanyak gerak, misalnya dengan berolahraga atau pergi ke tempat gym secara terjadwal dalam setiap minggunya, juga bisa membantu memperbaiki kualitas tidur. Berolahraga sangat membantu dalam menurunkan tingkat stres dan juga meningkatkan vitalitas.

  • Berhenti merokok dan minum alcohol

Kebiasaan merokok banyak berpengaruh pada kualitas tidur seseorang. Merokok dapat memperburuk apnea tidur dan gangguan pernapasan lainnya yang bisa menyebabkan sulitnya tidur. Harus Anda ketahui bahwa alkohol dapat mengganggu pola tidur dan gelombang otak yang membuat Anda merasa segar di pagi hari. Orang yang terbiasa minum alkohol akan mengalami gangguan waktu tidur sehingga kualitasnya menjadi rendah.

  • Buatlah kamar tidur senyaman mungkin

Cara ini bisa Anda lakukan untuk memperoleh kualitas terbaik dari tidur Anda. Biasanya banyak orang yang betah dengan suasana yang nyaman dan bersih. Begitu juga rasa nyaman tersebut bisa digunakan untuk memperbaiki kualitas tidur Anda agar tidur nyenyak. Biasakan tidur dengan lampu yang mati atau kamar yang gelap. Kebanyakan orang akan tertidur lelap saat keadaan ruangan kamar gelap.

  • Jangan mengkonsumsi makanan berat sebelum tidur

Pastikan anda tidak makan berat atau terlalu banyak sebelum tidur. Makan malam yang ringan sangatlah disarankan. Makan sedikit nasi atau bahkan tidak makan nasi sama sekali, hanya lauk pauk dan sayur-sayuran saja sangat baik sekali. Perut yang sangat penuh dapat membuat anda kesulitan untuk tidur. Jika anda masih merasa lapar, disarankan mengemil buah-buahan saja dibanding ’junk food’.

  • Mendengarkan Musik Terapi Otak

untuk mendapatkan tidur nyenyak, otak perlu berada dalam frekuensi gelombang delta. Dimana gelombang ini hanya bisa dicapai oleh otak pada kondisi yang rileks dan nyaman. Sementara saat stres ataupun terkena gangguan tidur, otak tidak bisa mencapai gelombang delta ini sehingga sangat sulit untuk mendapatkan tidur yang nyenyak. Terapi Otak Deep Sleep dapat membantu anda memperoleh tidur yang berkualitas.  Anda bisa menggunakan terapi ini dengan mendengarkannya melalui headphone atau speaker saat menjelang tidur. Untuk informasi lebih lanjut tentang Terapi Otak Deep Sleep silahkan klik disini.

 


Hubungi Kami


CS I - Rina

Contact/SMS/WA

089 668 981 116

BB Messenger

580AC78B


CS II - Rio

Contact/SMS/WA

082 137 923 730

BB Messenger

5A268044


Jam Kerja: Hari Senin-Sabtu
Pukul 08:00-16:00 WIB
Diluar Jam Kerja Bisa SMS/Email


Testimoni

"Saya menerima CD Anda sekitar seminggu yang lalu dan telah mendengarkan secara rutin tiap hari. Saya merasakan perubahan besar dalam kekuatan mental dan kepercayaan diri saya. Sungguh audio terapi yang berkwalitas tinggi. Saya merekomendasikan pada teman-teman saya tentang CD terapiotak.com. Terimakasih, karena telah memberi saya jalan keluar".

(CD Self Confidence, M. Zakaria,Wonosobo-Jateng)

Lihat testimoni lainnya

KIRIMKAN TESTIMONI ANDA KE E-MAIL KAMI, HANYA TESTIMONI YANG SOPAN DAN MASUK AKAL SAJA YANG AKAN KAMI TAMPILKAN DI WEBSITE KAMI.


Nama Perusahaan

Perusahaan Terapi Otak
CV.KARYA ABADI

Alamat: Jl. Raya Jepara-Semarang Km 21, Sidigede 15/03, Welahan, Jepara, 59464, Semarang, Jawa Tengah

 

Produk CV.Karya Abadi
Sertifikat Terapi Otak

Produk terapiotak.com di buat dari software yang berlisensi untuk kepentingan komersial (Commercial Business Licensing) seperti menjual dalam bentuk CD dan menyediakan layanan download yang bisa menjadi hak paten terapiotak.com. Untuk hasil maksimal pakailah produk Musik Terapi Otak original dari terapiotak.com

Perlindungan Hak Cipta

Kami sangat berterima kasih atas respek Anda terhadap hasil karya cipta intelektual seseorang / sekelompok orang / perusahaan dengan tidak menyebar luaskan produk kami secara ilegal atau tanpa sepengetahuan.

Lihat Kemasan Terbaru

Cover Terapi Otak

Pastikan Anda Mendapatkan Produk Asli terapiotak.com sesuai Kemasan Diatas

 

LIHAT TAMPILAN WEBSITE LAMA

 

Temukan Kami

 

Promo Terapi Otak