Cara Mengatasi Speech Delay Pada Anak Agar Cepat Berbicara

Kumpulan Artikel Lainnya » Artikel Tentang Masalah Bayi dan Anak » Cara Mengatasi Speech Delay Pada Anak Agar Cepat Berbicara

anak speech delay, terapi speech delay pada anak, melatih anak berbicara, cara agar anak cepat bicara, anak usia 2 tahun belum bisa bicara, anak 3 tahun belum lancar bicara, anak umur 2 tahun belum lancar bicara, ciri anak terlambat bicara, terlambat berbicara pada anak, pengobatan alternatif untuk anak terlambat bicara, penyebab bayi susah bicara

Speech Delay Pada Anak,- Keterlambatan bicara atau speech delay adalah telatnya kemampuan berbicara yang terjadi pada anak-anak. Gangguan ini sering ditemui pada zaman sekarang oleh para orang tua pada anak mereka. Ini terjadi kerena kesibukan orang tua yang padat sehingga mereka melupakan untuk banyak melakukan stimulasi berbicara kepada anaknya.

Semakin hari, gangguan speech delay ini tampak semakin berkembang pesat. Bahkan menurut beberapa laporan dari catatan kesehatan masyarakat menunjukan bahwa tingkat terjadinya keterlambatan bicara melonjak sekitar 5-10%. Tidak ada salahnya jika Anda sebagai orang tua untuk memberikan perhatian yang berlebih terhadap perkembangan bicara anak.

Karena dengan semakin dini, Anda dapat mendeteksi speech delay, maka akan semakin memudahkan Anda dalam mengatasi keterlambatan bicara pada anak. Bahkan sangat disarankan kepada Anda untuk memeriksakannya kepada dokter anak jika tidak mampu mendeteksinya sendiri.

Tanda dan Gejala Speech Delay Pada Anak

Untuk mendeteksi speech delay pada anak secara cepat, maka Anda perlu tahu apa saja tanda dan gejala speech delay pada anak. Ciri bicara terlambat pada anak bisa Anda lihat sesuai dengan perkembangan usianya. Simak saja tanda dan gejala speech delay atau keterlambatan bicara pada anak dibawah ini.

Tanda dan Gejala Speech Delay Anak Usia 1 tahun (12 bulan)

  • Menggunakan bahasa tubuh seperti melambaikan tangan ‘good-bye’ atau menunjuk objek tertentu
  • Berlatih menggunakan beberapa konsonan yang berbeda
  • Vokalisasi atau melakukan komunikasi

Tanda dan Gejala Speech Delay Anak Usia 1-2 Tahun

  • Tidak memanggil ‘mama’ dan ‘dada’
  • Tidak menjawab bila dikatakan ‘tidak’, ‘halo’ dan ‘bye’
  • Tidak memiliki satu atau 3 kata pada usia 12 bulan dan 15 kata pada usia 18 bulan
  • Tidak mampu mengidentifikasi bagian tubuh
  • Kesulitan mengulang suara dan gerakan
  • Lebih memilih menunjukkan gerakan daripada berbicara verbal

Tanda dan Gejala Speech Delay Anak Usia 2-5 Tahun

  • Tak mampu menyampaikan kata-kata atau frase secara spontan
  • Tak mampu mengikuti petunjuk dan perintah sederhana
  • Kurang bunyi konsonan di awal atau akhir kata, seperti ‘aya’ (ayah), ‘uka’ (buka)
  • Tidak dipahami bicaranya oleh keluarga terdekat
  • Tak mampu untuk membentuk 2 atau 3 kalimat sederhana

Itulah beberapa gejala speech delay pada anak. Namun, apabila Anda masih merasa ragu terhadap diagnosis Anda sendiri, tidak ada salahnya mencoba untuk memeriksakannya kepada dokter yang lebih ahli.

Penyebab Keterlambatan Bicara Pada Anak (Speech Delay)

Selain penyebab utama speech delay yaitu kurangnya rangsangan berbicara, ada banyak faktor penyebab lainnya. Beberapa diantaranya bahkan perlu Anda waspadai, karena tanpa sadar sering dilakukan oleh orang tua. Simak saja faktor penyebab speech delay dibawah ini untuk jelasanya.

1. Jarangnya terjadi komunikasi

Modern ini, banyak orang tua yang lebih memercayakan anaknya pada pengasuh atau perawat. Padahal tidak mereka sadari bahwa komunikasi antara orang tua dan anak malah akan mempercepat proses bicara dan membangun percaya diri anak. Ditambah lagi kita tidak tahu bagaimanakah kerja pengasuh anak dibelakang Anda.

2. Faktor Entertainment/Hiburan

Perkembangan teknologi semakin maju, dulu kita hanya bisa menikmati tv, sekarang sudah ada hiburan lain semacam youtube dan yang lainnya. Tapi pernahkah terpikir di Anda, bahwa hiburan dapat menjadi penyebab speech delay? Anak yang sering menonton televisi akan menjadi pendengar yang pasif tidak bisa menjadi anak aktif. Selain itu juga anak hanya menerima tanpa harus mencerna dan memproses informasi yang masuk.

3. Gangguan Perkembangan Otak

Adanya gangguan pada daerah oral-motor di otak mengakibatkan ketidakefisienan  hubungan di daerah otak yang berperan untuk menghasilkan bicara. Sehingga kondisi ini dapat menyebabkan anak kesulitan menggunakan bibir, lidah, dan rahang untuk menghasilkan bunyi.

4. Gangguan Pada Pendengaran

Bila anak mengalami kesulitan dalam pendengaran, secara otomatis menyebabkan anak kesulitan meniru, memahami, dan menggunakan bahasa. Masalah pendengaran pada anak biasanya disebabkan adanya infeksi telinga.

Cara Mengatasi Speech Delay atau Keterlambatan Bicara Anak

terapi speech delay pada anakStimulasi pada anak memang seharusnya dilakukan, baik dalam bentuk suara maupun ajakan untuk berbicara. Mengkhawatirkan memang, manakala kita mendapati anak mengalami keterlambatan berbicara, padahal rasa-rasanya berbagai bentuk stimulasi sudah dilakukan. Tunggu sebentar, jangan buru-buru putus asa. Sudahkah Anda menggunakan Terapi Otak Speech Development dari Kami? Jika belum, sekarang lah saatnya.

Terapi Otak Speech Development berupa audio terapi yang kami rancang dalam bentuk CD untuk memberikan stimulasi pada gelombang otak anak Anda. Setelah rutin menggunakan Terapi Otak Speech Development, terbukti, anak yang mulanya mengalami kesulitan berbicara mulai bisa melakukan komunikasi verbal.

Terapi Otak Speech Development efektif mempermudah anak untuk memahami dan menirukan setiap apa yang didengar dan dilakukan oleh orang disekitarnya. Jadi tunggu apalagi segera gunakan Terapi Otak Speech Development agar keterlambatan bicara pada anak sembuh.

Baca juga :

Cara Ampuh Mengatasi Kecanduan Game Online Pada Anak

Cari Tahu Penyebab Anak Terlambat Berjalan

Jurus Ampuh Mengatasi Rasa Malas Belajar Pada Anak

Penyebab Autis Pada Anak Menurut Para Ahli

Penyebab Bayi Sering Menangis Pada Malam Hari

Terapi Anak Terlambat Berjalan

Tagged in : anak speech delay, terapi speech delay pada anak, melatih anak berbicara, cara agar anak cepat bicara, anak usia 2 tahun belum bisa bicara, anak 3 tahun belum lancar bicara, anak umur 2 tahun belum lancar bicara, ciri anak terlambat bicara, terlambat berbicara pada anak, pengobatan alternatif untuk anak terlambat bicara, penyebab bayi susah bicara


Hubungi Kami


CS I - Rina

Contact/SMS/WA

089 668 981 116

BB Messenger

580AC78B


CS II - Rio

Contact/SMS/WA

082 135 742 177

BB Messenger

5A268044


Jam Kerja: Hari Senin-Sabtu
Pukul 08:00-16:00 WIB
Diluar Jam Kerja Bisa SMS/Email


Testimoni

"Saya menerima CD Anda sekitar seminggu yang lalu dan telah mendengarkan secara rutin tiap hari. Saya merasakan perubahan besar dalam kekuatan mental dan kepercayaan diri saya. Sungguh audio terapi yang berkwalitas tinggi. Saya merekomendasikan pada teman-teman saya tentang CD terapiotak.com. Terimakasih, karena telah memberi saya jalan keluar".

(CD Self Confidence, M. Zakaria,Wonosobo-Jateng)

Lihat testimoni lainnya

KIRIMKAN TESTIMONI ANDA KE E-MAIL KAMI, HANYA TESTIMONI YANG SOPAN DAN MASUK AKAL SAJA YANG AKAN KAMI TAMPILKAN DI WEBSITE KAMI.


Nama Perusahaan

Perusahaan Terapi Otak
CV.KARYA ABADI

Alamat: Jl. Raya Jepara-Semarang Km 21, Sidigede 15/03, Welahan, Jepara, 59464, Semarang, Jawa Tengah

 

Produk CV.Karya Abadi
Sertifikat Terapi Otak

Produk terapiotak.com di buat dari software yang berlisensi untuk kepentingan komersial (Commercial Business Licensing) seperti menjual dalam bentuk CD dan menyediakan layanan download yang bisa menjadi hak paten terapiotak.com. Untuk hasil maksimal pakailah produk Musik Terapi Otak original dari terapiotak.com

Perlindungan Hak Cipta

Kami sangat berterima kasih atas respek Anda terhadap hasil karya cipta intelektual seseorang / sekelompok orang / perusahaan dengan tidak menyebar luaskan produk kami secara ilegal atau tanpa sepengetahuan.

Lihat Kemasan Terbaru

Cover Terapi Otak

Pastikan Anda Mendapatkan Produk Asli terapiotak.com sesuai Kemasan Diatas

 

LIHAT TAMPILAN WEBSITE LAMA

 

Temukan Kami

 

Promo Terapi Otak