Penyebab Morning Sickness dan Cara Mengatasinya

Kumpulan Artikel Lainnya » Artikel Tentang Masalah Bayi dan Anak » Penyebab Morning Sickness dan Cara Mengatasinya

penyebab mual pada ibu hamil dan cara mengatasinya, penyebab morning sickness, penyebab morning sickness pada ibu hamil, penyebab morning sickness ibu hamil, penyebab morning sickness pada kehamilan, cara mengatasi morning sickness, mengatasi morning sickness yang berlebihan

terapiotak.com - Apa itu morning sickness? Morning sickness adalah sebuah gejala mual dan muntah yang terjadi pada ibu hamil pada waktu trimester/ tiga bulan pertama kehamilan. Morning sickness akan menghilang sendirinya pada setelah usia kehamilan empat bulan. Meskipun disebut morning (pagi) sickness, gejala mual dan muntah tidak hanya terjadi pada pagi hari saja karena dapat juga terjadi sepanjang hari.

Meskipun dianggap sebagai penyakit, kebanyakan Ibu hamil menganggap bahwa morning sickness adalah hal yang wajar dan merupakan pertanda kesehatan bagi kehamilan. Namun bila terjadi secara berlebihan tentu pasti akan mengganggu aktifitas bukan? Bahkan menurut beberapa penilitian menunjukan bahwa memilki morning sickness berlebihan dapat menyebabkan gangguan pada kesehatan, seperti dehidrasi dan hiperemesis gravidarum.

Lalu apakah sebenarnya penyebab dari morning sickness itu? Penyebab utama terjadinya morning sickness sebenarnya adalah perubahan hormon tubuh saat kehamilan. Perubahan hormon ini dapat terjadi kapanpun, dimanapun, dan dalam keadaan apapun. Jadi jangan kaget, seperti yang sudah dijelaskan diatas bahwa morning sickness ini dapat terjadi tidak hanya pada pagi hari saja namun bisa juga terjadi sepanjang hari. Berikut ini adalah penyebab dari morning sickness yang perlu Anda ketahui

Penyebab Morning Sickness

- Meningkatnya Hormon Progesterone

Hormon progesterone adalah salah satu hormon dalam tubuh yang merangsang dan mengatur beberapa fungsi seperti menstruasi, embriogenesis, dan kehamilan. Hormon ini diproduksi pada bagian ovarium saat normal dan pada plasenta pada Ibu hamil.

Dengan meningkatnya hormon progesterone ini akan menggangu pencernaan tubuh. Meningkatnya hormon progesterone Pada pencernaan tubuh akan membuat terjadinya pergerakan pada usus kecil, kerongkongan, dan perut Ibu hamil sehingga dapat menyebabkan mual dan muntah.

- Meningkatnya Hormon Estrogen

Hormon estrogen adalah salah satu hormon tubuh yang memiliki fungsi terhadap gairah seks wanita. Pada saat kehamilan produksi hormon estrogen dan progesteron akan meningkat, hal ini disebabkan karena dua hormon tersebut berperan dan mempersiapkan dan mendukung kehamilan.

Meskipun begitu dengan meningkatnya hormon estrogen juga akan mengganggu alat pencernaan.  Terutama pada asam lambung yang akan meningkat. Peningkatan asam lambung inilah yang akan menyebabkan Ibu hamil mengalami mual dan mengalami morning sickness.

- Meningkatnya HCG (Hormon Chorionic Gonadotropin)

Hormon Chorionic Gonadotropin adalah hormon yang diproduksi hanya pada masa kehamilan saja, hormon ini diproduksi di plasenta dan berperan penting dalam menjaga kehamilan. Hormon Chorionic Gonadotropin ini berfungsi sebagai penghambat menstruasi pada Ibu hamil dengan meningkatkan produksi hormon progesterone pada indung telur.

Hormon Chorionic Gonadotropin ini dilepas pada peredaran darah, sehingga semakin meningkatnya kandungan hormon ini dalam darah akan menyebabkan mual dan muntah (morning sickness)

- Konsumsi Makanan Pedas dan Berminyak

Konsumsi makanan juga dapat menyebabkan morning sickness, tetapi hanya pada jenis makanan berminyak dan pedas. Seperti yang telah Anda ketahui bahwa pada masa kehamilan fungsi pencernaan akan berkurang karena pengaruh hormon progesterone dan hormon estrogen. Apabila Anda mengkonsumsi makanan pedas dan berminyak malah akan menambah buruk pencernaan dan dapat menyebabkan mual dan muntah.

- Meningkatnya Sensitifitas Pada Bau

Selain menyebabkan gangguan pencernaan ternyata hormon estrogen juga dapat meningkatkan indra penciuman pada Ibu hamil. Hal ini akan mengakibatkan sensifitas pada bau yang meningkat dan akan meningkatkan munculnya perasaan mual dan muntah. Hal inilah yang menjadi penyebab terjadinya morning sickness.

- Meningkatnya Kadar Bilirubin

Peningkatan kadar bilirubin yang terjadi karena meningkatnya kadar enzim dalam hati juga dapat menyebabkan Ibu hamil mengalami morning sickness. Meskipun sampai saat ini belum ditemukan penjelasan bagaimana caranya.

- Rendahnya Kadar Gula Darah (Hipoglikemia)

Rendahnya kadar gula darah pada Ibu hamil ini disebabkan karena plasenta bayi yamg menguras energi dari tubuh. Hipoglikemia ini dapat mengakibatkan pencernaan terganggu dan memicu munculnya mual yang mengakibatkan morning sickness.

- Stres

Dengan meningkatnya beban yang harus ditanggung pada Ibu hamil akan dapat menyebabkan menderita stres. Beberapa dokter berpendapat bahwa mual dan muntah merupakan respon karena mengalami stres, meskipun hal ini masih belum dilakukan penilitian lebih lanjut. Oleh karena itu dianjurkan Ibu hamil untuk mengatasi stres.

Demikianlah beberapa penyebab yang dapat menyebabkan morning sickness pada Ibu hamil. Seperti yang sudah dijelaskan diatas bahwa kebanyakan Ibu hamil mengangap morning sickness sebagai hal normal dalam kehamilan, namun bila terjadi secara terus menerus pasti akan mengganggu aktifitas Anda. Apalagi jika Anda adalah memiliki kegiatan yang harus dijalani, pasti merepotkan bukan? Untuk itulah perlu dilakukan beberapa tindakan dalam mengatasi morning sickness.

Cara Mengatasi Morning Sickness Pada Ibu Hamil

Jika Anda mengalami morning sickness dengan intensitas yang tinggi, tak perlu khawatir karena akan kami berikan beberapa  tips dan cara mengatasi morning sickness yang bisa Anda terapkan. Apalagi jika sampai morning sickness tersebut sampai membahayakan janin yang Anda kandung. Berikut ini adalah beberapa tips dan cara dalam mengatasi morning sickness pada Ibu hamil, diantaranya sebagai berikut.

1. Konsumsi Makanan Dalam Porsi yang Kecil

Jangan mengkonsumsi makanan dalam jumlah yang besar karena itu hanya akan membuat perut menjadi penuh dan bisa mengakibatkan perasaan mual. Sebaiknya konsumsi makanan dalam porsi yang kecil saja, tapi harus dalam frekuensi yang lebih dari sebelum hamil. Dengan begitu akan menjaga perut agar tidak penuh dan dapat menghindari morning sickness.

2. Jagalah Agar Udara Rumah Tetap Bersih

Dengan meningkatnya indra penciuman saat kehamilan akan mengakibatkan sensitifitas bau meningkat. Dengan menjaga udara agar selalu bersih dari kotoran dan debu akan menghindarkan Anda dari penyebab morning sickness. Anda bisa melakukannya dengan memasang sirkulasi udara yang bagus di rumah.

3. Minum Banyak Air Putih

Salah satu hal yang dapat terjadi akibat morning sickness adalah dehidrasi, hal ini akan membuat tubuh menjadi kekurangan cairan dan rasa lesu dan lelah. Padahal saat kehamilan Anda tidak hanya menjaga diri Anda sendiri tetapi bayi dalam kandungan. Oleh karena itu perbanyaklah minum air putih agar mengimbangi dehidrasi dalam tubuh. selain itu dengan minum banyak air putih akan menyebabkan pencernaan menjadi lebih lancar.

4. Konsumsi Makanan yang Bergizi

Dengan semakin meningkatnya beban yang harus ditanggung Ibu hamil maka diperlukan untuk tenaga yang cukup untuk mengimbangi hal itu. Untuk itu diperlukan nutrisi tubuh yang banyak, seperti dengan konsumsi karohidrat dan serat. Karbohidrat akan membantu energi yang diperlukan dan serat akan memperlancar pencernaan sehingga Anda terhindar dari mual dan muntah.

5. Konsumsi Vitamin B6

Untuk mengatasi morning sickness selanjutnya dapat Anda lakukan dengan mengkonsumsi vitamin B6. Untuk dosisnya bisa Anda tanyakan pada dokter kandungan kepercayaan Anda. Selain dapat mengatasi morning sickness, dengan mengkonsumsi vitamin B6 juga dapat memunculkan manfaat lainnya, seperti:

  • Membantu pembentukan sel darah merah
  • Membantu pembentukan neurotrsmitter
  • Menghancurkan lemak dan mengubahnya menjadi energi
  • Penting untuk perkembangan otak
  • Penting untuk perkembangan syaraf
  • Menjaga keseimbangan kadar gula dalam darah
  • Mencegah terjadinya penularan penyakit
  • Bagus untuk memperbaiki metabolisme tubuh
  • Menjaga keseimbangan sistam syaraf supaya tetap dalam kondisi yang baik
  • Berperan dalam memperbaiki jaringan pada tubuh yang terinfeksi akibat luka
  • Penting untuk sistem metabolisme pada tubuh

6. Menghilangkan Stres

Seperti yang sudah disebutkan diatas bahwa salah satu penyebab dari morning sickness adalah stres, maka Anda sebagai Ibu hamil harus menghilangkan stres. Karena selain dapat menyebabkan morning stres dapat menggangu kesehatan bayi dalam kandungan.

7. Istirahat Yang Cukup

Karena masa kehamilan menguras tenaga dari Ibu hamil, maka untuk mengimbanginya diperlukan istirahat yang cukup. Jangan terlalu memaksakan diri ketika hamil karena hal itu akan memperburuk keadaan saja.

8. Terapi Otak Fit Pregnancy

Terapi Otak Fit Pregnancy adalah salah satu alternatif yang bisa Anda gunakan ketika morning sickness yang Anda alami masih belum juga menunjukan kebaikan. Terapi ini telah terbukti secara efektif dalam mengatasi berbagai gangguan kehamilan, termasuk mual dan muntah (morning sickness). Apakah terapi otak ini berbahaya? Tak perlu khawatir, karena Terapi Otak Fit Pregnancy ini terbukti aman bagi kehamilan dan tanpa efek samping.

Terapi Otak Fit Pregnancy bekerja dengan memberikan stimulus gelombang otak untuk mengatasi berbagai gangguan kehamilan dengan cara menyeimbangkan hormon serta meningkatkan immunitas pada tubuh wanita yang sedang hamil. Terapi Gelombang Otak Fit Pregnancy  ini kami kemas dalam bentuk CD Audio sehingga sangat mudah dan praktis untuk digunakan. Terapi Otak Fit Pregnancy bisa Anda gunakan kapan saja dan dimana saja. Anda bisa mendapatkan Terapi Otak Fit Pregnancy disini.

Baca juga:

Waspadai Bahaya Stress Ketika Hamil

10 Cara Melancarkan Keluarnya ASI

10 Nutrisi Ibu Hamil Yang Bisa Buat Janin Sehat

7 Penyebab Bayi Sering Menangis Pada Malam Hari

8 Penyebab Berkurangnya ASI

Cara Ampuh Agar Anak Rajin Belajar

Cari Tahu Penyebab Anak Terlambat Berjalan

Merawat dan Menjaga Kehamilan Pada Usia Muda

Tips Jitu Menentukan Jenis Kelamin Bayi

Kumpulan artikel tentang Masalah Bayi dan Anak lainnya klik disini, artikel lainnya klik disini

Tagged in : penyebab mual pada ibu hamil dan cara mengatasinya, penyebab morning sickness, penyebab morning sickness pada ibu hamil, penyebab morning sickness ibu hamil, penyebab morning sickness pada kehamilan, cara mengatasi morning sickness, mengatasi morning sickness yang berlebihan


Hubungi Kami


CS I - Rina

Contact/SMS/WA

089 668 981 116

BB Messenger

580AC78B


CS II - Rio

Contact/SMS/WA

082 137 923 730

BB Messenger

5A268044


Jam Kerja: Hari Senin-Sabtu
Pukul 08:00-16:00 WIB
Diluar Jam Kerja Bisa SMS/Email


Testimoni

"Saya menerima CD Anda sekitar seminggu yang lalu dan telah mendengarkan secara rutin tiap hari. Saya merasakan perubahan besar dalam kekuatan mental dan kepercayaan diri saya. Sungguh audio terapi yang berkwalitas tinggi. Saya merekomendasikan pada teman-teman saya tentang CD terapiotak.com. Terimakasih, karena telah memberi saya jalan keluar".

(CD Self Confidence, M. Zakaria,Wonosobo-Jateng)

Lihat testimoni lainnya

KIRIMKAN TESTIMONI ANDA KE E-MAIL KAMI, HANYA TESTIMONI YANG SOPAN DAN MASUK AKAL SAJA YANG AKAN KAMI TAMPILKAN DI WEBSITE KAMI.


Nama Perusahaan

Perusahaan Terapi Otak
CV.KARYA ABADI

Alamat: Jl. Raya Jepara-Semarang Km 21, Sidigede 15/03, Welahan, Jepara, 59464, Semarang, Jawa Tengah

 

Produk CV.Karya Abadi
Sertifikat Terapi Otak

Produk terapiotak.com di buat dari software yang berlisensi untuk kepentingan komersial (Commercial Business Licensing) seperti menjual dalam bentuk CD dan menyediakan layanan download yang bisa menjadi hak paten terapiotak.com. Untuk hasil maksimal pakailah produk Musik Terapi Otak original dari terapiotak.com

Perlindungan Hak Cipta

Kami sangat berterima kasih atas respek Anda terhadap hasil karya cipta intelektual seseorang / sekelompok orang / perusahaan dengan tidak menyebar luaskan produk kami secara ilegal atau tanpa sepengetahuan.

Lihat Kemasan Terbaru

Cover Terapi Otak

Pastikan Anda Mendapatkan Produk Asli terapiotak.com sesuai Kemasan Diatas

 

LIHAT TAMPILAN WEBSITE LAMA

 

Temukan Kami

 

Promo Terapi Otak