Permainan Tradisional Mengasah Kecerdasan Otak Anak

Kumpulan Artikel Lainnya » Artikel Tentang Kecerdasan, Konsentrasi, Daya ingat, dan Kreativitas » Permainan Tradisional Mengasah Kecerdasan Otak Anak

permainan asah otak, permainan mengasah otak, permainan kecerdasan, permainan kecerdasan otak, permainan uji kecerdasan otak, permainan kecerdasan anak, permainan uji kecerdasan, permainan untuk kecerdasan anak, permainan kecerdasan kinestetikpermainan asah otak,- Memang benar bahwa pada zaman sekarang banyak sekali permainan tradisional yang tergusur oleh permainan modern. Namun, jangan salah karena dibalik kesederhanaan dari permainan tradisional ternyata menyimpan banyak sekali manfaat bagi tumbuh kembang anak, salah satunya adalah mampu mengasah otak anak sehingga membantu meningkatkan kecerdasan anak tersebut.

Permainan tradisional di Indonesia banyak sekali jenisnya, hal ini disebabkan karena keragaman suku dan budaya bangsa Indonesia yang tak terhingga. Berikuti ini adalah beberapa permainan tradisional daerah Indonesia yang sangat bermanfaat dalam mengasah kecerdasan otak, diantaranya adalah.

Permainan Mengasah Kecerdasan Otak

  • Congklak, Mengasah Kecerdasan Otak Kiri

permainan tradisional congklak, permainan asah otak, permainan mengasah otak, permainan kecerdasan, permainan kecerdasan otak, permainan uji kecerdasan otak, permainan kecerdasan anak, permainan uji kecerdasan, permainan untuk kecerdasan anak, permainan kecerdasan kinestetik

Perlu Anda ketahui bahwa sebenarnya otak manusia itu dibedakan menjadi dua bagian otak kiri dan juga otak kanan, otak kiri berperan penting dalam kecerdasan. Hal ini disebabkan karena otak kiri memiliki fuungsi yang meliputi logika, bahasa, kecerdasan, dan perhitungan. Nah, salah satu permainan tradisional yang mampu mengasah kecerdasan otak kiri adalah congklak.

Congklak adalah permainan tradisional yang sudah terkenal di beberapa daerah di Indonesia. Pada daerah sumatra permainan ini dikenal dengan nama congkak, pada lampung dikenal dengan dentuman lamban, pada sulawesi dikenal dengan makaotan, sedangkan pada jawa dikenal dengan beberapa nama antara lain congklak, dakon, dan dakhonan. Permainan ini menggunakan papan lengkung yang dibentuk seperti sampan. Dalam papan terdapat 16 lubang saling sejajr, dimana 14 lubang kecil dan 2 sisanya lubang besar.

Congklak dapat dapat mengasah kecerdasan otak kiri karena cara bermainnya, dimana mereka harus mengumpulkan biji yang lebh banyak daripada lawannya. Dari hal tersebut, anak akan mencoba berpikir untuk menemukan strategi yang pas dalam merubut biji tersebut. Memang jika dilihat sepintas ini hanyalah permainan yang sederhana. Namun, jangan salah karena otak kiri anak kakn selalu aktif dalam permainan karena harus melakukan perhitungan.

  • Mobil-mobilan Tradisional, Mengasah Kecerdasan Otak Kanan

permainan tradisional mobil-mobilan, permainan asah otak, permainan mengasah otak, permainan kecerdasan, permainan kecerdasan otak, permainan uji kecerdasan otak, permainan kecerdasan anak, permainan uji kecerdasan, permainan untuk kecerdasan anak, permainan kecerdasan kinestetik

Mobil-mobilan tradisional adalah sebuah permainan yang sangat sederhana sekali, saking sederhananya bahkan sampai bisa dibuat sendiri. Namun, jangan salah karena dibalik keserdahanaannya terdapat manfaat bagi tumbuh kembang anak, yaitu mampu mengasah kecerdasan otak kanan.

Karena sangat mudah untuk dibuat, permainan ini akan mengasah ide kreatifitas yang dimiliki anak. dimulai dari saat mencari bahan pembuatan, merakitnya sendiri, bahkan sampai menambahkan variasi-variasi yang akan semakin membuat tampilan mobil-mobilan menjadi lebih menarik.

  • Layang-layang dan Petak Umpet, Mengasah Kecerdasan Emosi (ESQ)

permainan tradisional petak umpet, permainan asah otak, permainan mengasah otak, permainan kecerdasan, permainan kecerdasan otak, permainan uji kecerdasan otak, permainan kecerdasan anak, permainan uji kecerdasan, permainan untuk kecerdasan anak, permainan kecerdasan kinestetik

Tidak hanya kecerdasan intelektual yang dapat ditingkatkan melalui permainan tradisional, bahkan kecerdasan emosi (ESQ) juga bisa. Permainan tradisional yang mampu meningkatkan kecerdasan emosional tersebut antara lain adalah layang-layang dan juga petak umpet.

Pada permainan layang-layang, anak akan dilatih kecerdasa emosinya melalui kesabaran. Mulai dari pembuatan kerangka layang-layang agar bisa terbang sampai kesabaran dalam mencari arah angin yang tepat dalam menerbangkannya. Sedangkan pada petak umpet dilatih pada kesabaran menemukan teman-temannya yang bersembunyi.

  • Bentengan, Mengasah Kecerdasan Sosial

permainan tradisional bentengan, permainan asah otak, permainan mengasah otak, permainan kecerdasan, permainan kecerdasan otak, permainan uji kecerdasan otak, permainan kecerdasan anak, permainan uji kecerdasan, permainan untuk kecerdasan anak, permainan kecerdasan kinestetik

Kebanyakan permainan tradisional dimainkan lebih dari satu orang, bahkan ada yang sampai berkelompok, misalnya adalah permainan bentengan. Permainan tradisonal ini dimainkan oleh dua grup, dimana masing-masing grup memiliki markas berupa tiang. Untuk memenangkan permainan ini mereka harus berusaha menyentuh markas lawan sekaligus juga melindungi markas mereka dari serangan lawan.

Bentengan ini mampu mengasah kecerdasan sosial anak, karena mereka harus kompak dengan sekawannya untuk menang. Permainan ini juga membuat anak lebih bersosialisasi dengan teman sebanya dibandingkan dengan berdiam diri dirumah.

  • Engklek, Mengasah Kecerdasan Kinestetik

permainan tradisional engklek, permainan asah otak, permainan mengasah otak, permainan kecerdasan, permainan kecerdasan otak, permainan uji kecerdasan otak, permainan kecerdasan anak, permainan uji kecerdasan, permainan untuk kecerdasan anak, permainan kecerdasan kinestetik

Kecerdasan kinestetik adalah kecerdasan motorik atau gerak tubuh anak. Dengan kecerdasan kinestetik akan membantu anak terhindar dari beberapa penyakit mematikan misalnya cerebral palsy. Kecerdasan kinestetik ini dapat dilatih ketika anak bermain, seperti saat ia menggenggam, meloncat, melompat, berlari, dan berjongkok. Salah satu permainan tradisional yang menggabungkan hal tersebut adalah engklek.

Engklek adalah permainan tradisional yang dimulai dengan membuat pola kotak-kotak pada tanah, lalu kemudian anak akan melempar batu secara acak dan mereka akan mengambilnya dengan melompat menjaga keseimbangan karena satu kaki diangkat. Permainan seperti ini sangat bak bagi kecerdasan kinestetik anak karena terdapat macam gerakan sekaligus melatih keseimbangan juga.

Demikianlah beberapa permainan tradisional dalam meningkatkan kecerdasan otak anak. Selain dengan permainan, kcerdasan anak juga dapat ditingkatkan dengan cara lain, yaitu dengan jenis makanan meningkatkan kecerdasan, belajar, atau melakukan alternatif terapi meningkatkan kecerdasan anak. Salah satu terapi yang telah terbukti membantu secara efektif meningkatkan kecerdasan anak adalah Terapi Otak Brain Booster.

Cara Meningkatkan Kecerdasan Otak Anak dengan Terapi Otak Brain Booster

Terapi Otak Brain Booster adalah sebuah terapi yang secara efektif telah terbukti dalam membantu meningkatkan kecerdasan, konsentrasi, daya ingat, dan juga kreatifitas. Jadi jika Anda ingin mengetahui cara efektif cara meningkatkan kecerdasan otak, maka terapi otak ini dapat menjadi pilhan terbaik. Dengan teknologi gelombang otak yang akan memberikan stimulus kepada pusat pikiran yaitu otak, hasil dari stimulus tersebut adalah meningkatnya produksi hormon yang dapat meningkatkan kemampuan otak, akan membuat Anda tidak hanya mendapatkan kecerdasan tetapi juga kreativitas, konsentrasi, dan juga daya ingat. Jadi tunggu apalgi segera gunakan Terapi Otak Brain Booster – Meningkatkan Kecerdasan, Konsentrasi, Daya Ingat, dan Juga Kreativitas.

Baca juga :

8 Cara Ampuh Mengatasi Kecanduan Game Online Pada Anak

6 Penyebab Autis Pada Anak Menurut Para Ahli

Cara Mengatasi Anak Hiperaktif

Cari Tahu Penyebab Anak Terlambat Berjalan

Cara Ampuh Agar Anak Rajin Belajar

Ingin Punya Anak Perempuan Lakukan Hal Berikut Ini

Ketahui 10 Makanan Meningkatkan Kecerdasan Anak Usia Dini

Membangun dan Mengembangkan Bakat Pada Anak

Tips Jitu Meningkatkan Nafsu Makan Pada Anak

Tips Menumbuhkan Percaya Diri Pada Anak Sejak Usia Dini

Tagged in : permainan asah otak, permainan mengasah otak, permainan kecerdasan, permainan kecerdasan otak, permainan uji kecerdasan otak, permainan kecerdasan anak, permainan uji kecerdasan, permainan untuk kecerdasan anak, permainan tes kecerdasan, permainan adu kecerdasan, permainan kecerdasan kinestetik, permainan game kecerdasan, permainan kuis kecerdasan


Hubungi Kami


CS I - Rina

Contact/SMS/WA

089 668 981 116

BB Messenger

580AC78B


CS II - Rio

Contact/SMS/WA

082 137 923 730

BB Messenger

5A268044


Jam Kerja: Hari Senin-Sabtu
Pukul 08:00-16:00 WIB
Diluar Jam Kerja Bisa SMS/Email


Testimoni

"Saya menerima CD Anda sekitar seminggu yang lalu dan telah mendengarkan secara rutin tiap hari. Saya merasakan perubahan besar dalam kekuatan mental dan kepercayaan diri saya. Sungguh audio terapi yang berkwalitas tinggi. Saya merekomendasikan pada teman-teman saya tentang CD terapiotak.com. Terimakasih, karena telah memberi saya jalan keluar".

(CD Self Confidence, M. Zakaria,Wonosobo-Jateng)

Lihat testimoni lainnya

KIRIMKAN TESTIMONI ANDA KE E-MAIL KAMI, HANYA TESTIMONI YANG SOPAN DAN MASUK AKAL SAJA YANG AKAN KAMI TAMPILKAN DI WEBSITE KAMI.


Nama Perusahaan

Perusahaan Terapi Otak
CV.KARYA ABADI

Alamat: Jl. Raya Jepara-Semarang Km 21, Sidigede 15/03, Welahan, Jepara, 59464, Semarang, Jawa Tengah

 

Produk CV.Karya Abadi
Sertifikat Terapi Otak

Produk terapiotak.com di buat dari software yang berlisensi untuk kepentingan komersial (Commercial Business Licensing) seperti menjual dalam bentuk CD dan menyediakan layanan download yang bisa menjadi hak paten terapiotak.com. Untuk hasil maksimal pakailah produk Musik Terapi Otak original dari terapiotak.com

Perlindungan Hak Cipta

Kami sangat berterima kasih atas respek Anda terhadap hasil karya cipta intelektual seseorang / sekelompok orang / perusahaan dengan tidak menyebar luaskan produk kami secara ilegal atau tanpa sepengetahuan.

Lihat Kemasan Terbaru

Cover Terapi Otak

Pastikan Anda Mendapatkan Produk Asli terapiotak.com sesuai Kemasan Diatas

 

LIHAT TAMPILAN WEBSITE LAMA

 

Temukan Kami

 

Promo Terapi Otak