Obesophobia, Ketakutan akan Penambahan Berat Badan

Kumpulan Artikel Lainnya » Artikel untuk Mengatasi Phobia dan Trauma » Obesophobia, Ketakutan akan Penambahan Berat Badan

terapiotak.com,- Obesophobia atau yang juga dikenal dengan sebutan Pocrescophobia adalah sebuah phobia tentang ketakutan yang tak normal terhadap penambahan berat badan. Obesophobia sendiri berasal dari bahasa yunani “phobia” dan “obeso” yang masing-masing berarti “ketakutan” dan “gemuk”, jadi dalam bahasa simpelnya dapat diartikan bahwa obesophobia adalah ketakutan akan kegemukan.

Phobia ini sendiri biasanya terjadi saat seseorang mempelajari bahwa kegemukan dapat menimbulkan efek negati terhadap kesehatan. Berawal dari hal inilah, penderita akan mencoba menghindari makanan sebisa mungkin, bahkan pada penderita yang berat tidak akan konsumsi makanan sama sekali kecuali jika memang dalam keadaan darurat saja. Itulah mengapa obesophobia ini juga sering dikaitkan dengan phobia lainnya yaitu cibophobia, phobia ketakutan akan makanan.

Biasanya phobia ini menyerang seseorang saat sedang memiliki keinginan kuat untuk cepat langsing atau menurunkan berat badan, akibat keinginannya yang terlalu kuat itu mereka akan mempelajari bahwa kenaikan berat badan sangat berakibat buruk bagi kesehatan serta akan membuat mereka berusaha sebisa mungkin menghindari makanan, dan disinilah letak terjadinya obesophobia.

Penyebab Obesophobia

Sampai saat ini penyebab terjadinya obesophobia masih diteliti secara pasti, namun para ahli berpendapat bahwa penyebab obesophobia ini sama seperti penyebab #phobia lainnya yaitu lingkungan sekitar, genetika, serta trauma. Inilah penyebab obesophobia menurut para ahli, yaitu :

  • Persepsi Diri Sendiri yang Salah

Persepsi setiap orang selalu berbeda-beda, ada yag memandang sesuatu salah sedangkan yang lainnya memandangnya benar. Namun, persepsi tetaplah bukan berdiri sendiri melainkan sesuatu yang berkembang terhadap lingkungan sekitar tempat seseorang tumbuh. Obesophobia sendiri ini dapat terjadi karena persepsi seseorang yang salah tentang berat badan, yang timbul karena lingkungan sekitarnya selalu mengajarkan kesempurnaan dan berat badan merupakan suatu kesalahan yang tidak harus terjadi.

  • Genetika

Pada faktor genetika masih diperdebatkan oleh para ahli, namun fakta tekah membuktikan bahwa jika dalam keluarga Anda ada yang menderita phobia ini, maka kemungkinan besar Anda akan ikut menderitanya juga. Hal ini tidak terlepas dari faktor pertama juga yaitu persepsi, jika orang tua berpikir bahwa diet adalah hal terbaik untuk anaknya maka sang anak akan mengikuti perkataan orang tua tersebut. Bahkan pada beberapa kasus ada yang sampai mengambil tindakan ekstrem dalam melakukannya.

  • Trauma

Sudah tidak bisa dibantah lagi bahwa memiliki tubuh yang tidak sempurna semacam badan gemuk akan mengalami pergaulan yang tidak mengenakkan, motivasi ini menjadikan mereka untuk menurunkan berat badannya. Ketika sudah sampai pada tahap ideal, mereka akan menumbuhkan ketakutan akan penambahan berat badan atau obesophobia karena trauma tersebut.

Gejala Obesophobia

Obesophobia ini cukup sulit untuk diidentifikasi karena tanda dan gejala yang ditimbulkan itu hampir sama dengan orang yang berusaha untuk menurunkan berat badannya, karena itulah diperluka perhatian yang lebih untuk berusaha mengidentifikasinya. Penderita obesophobia yang sangat over protective terhadapa berat badan akan menimbulkan batas-batas pada setiap aspek kehidupannya, bahkan ada juga yang sampai menimbulkan gangguan mental dan obsesi tentang cara menurunkan berat badan. Simak saja gejala obesophobia berikut ini.

- Gejala Fisik :

  • Pusing, kesemutan, sesak napas
  • Jantung berdebar
  • Nyeri dada
  • Gemetar
  • Mulut kering dan mual
  • Berkeringat, panas dan dingin.

- Gejala Mental :

  • Obsesi pikiran
  • Rasa takut yang berlebihan dan kesulitan berpikir
  • Mental yang down akibat pandangan yang salah mengenai berat badan.

- Gejala Emosional :

  • Selalu mengantisipasi
  • Kecemasan yang tak terkendali
  • Merasa ada teror
  • Ketidakmampuan berfikir secara normal
  • Meningkatnya perasaan marah, sedih, takut, sakit hati dan rasa bersalah ketika berpikir tentang berat badan.

Pengobatan Obesophobia

Jangan terlalu menganggap remeh obesophobia ini, meskipun hanya berupa ketakutan akan berat badan, jika tidak segera ditangani juga akan membahayakan bagi kesehatan. Untuk mengobati obesophobia ini sama juga dengan mengatasi phobia lainnya yaitu dengan medis dan non medis. Untuk medis bisa dilakukan dengan mengkonsumsi obat-obatan yang akan memberikan afek mengatasi obesophobia sedkit demi sedikit. Sedangkan untuk pengobatan non medis bisa Anda lakukan dengan  terapi gelombang otak ataupun hipnoterapi.

Meskipun begitu cara pengobatan obesophobia yang paling efektif adalah dengan berusaha hidup sehat dan mempunyai keinginan kuat untuk mengatasi ketakutannya tersebut. Karena percuma saja Anda melakukan pengobatan bila dalam diri masih memiliki ketakutan yang kuat akan berat badan.

Bagi Anda yang ingin melakukan program diet atau sekedar ingin menurunkan berat badan, namun takut jika berakhir dengan obesophobia. Anda bisa menggunakan cara menurunkan berat badan melalui hipnoterapi yang bebas dari ancaman obesophobia. Untuk informasi lebih lanjut silahkan klik Hipnoterapi Weight Loss – Menurunkan Berat Badan.

Baca Juga :

5 Tips Khusus untuk Mengatasi Phobia

Benarkah Meditasi Bisa Menurunkan Berat Badan?

Jurus Ampuh Menghilangkan Trauma

Hipnoterapi untuk Menghilangkan Phobia

Menurunkan Berat Badan Dengan Hipnoterapi

Terapi untuk Menghilangkan Phobia

Artikel Lainnya klik disini


Hubungi Kami


CS I - Rina

Contact/SMS/WA

089 668 981 116

BB Messenger

580AC78B


CS II - Rio

Contact/SMS/WA

082 137 923 730

BB Messenger

5A268044


Jam Kerja: Hari Senin-Sabtu
Pukul 08:00-16:00 WIB
Diluar Jam Kerja Bisa SMS/Email


Testimoni

"Saya menerima CD Anda sekitar seminggu yang lalu dan telah mendengarkan secara rutin tiap hari. Saya merasakan perubahan besar dalam kekuatan mental dan kepercayaan diri saya. Sungguh audio terapi yang berkwalitas tinggi. Saya merekomendasikan pada teman-teman saya tentang CD terapiotak.com. Terimakasih, karena telah memberi saya jalan keluar".

(CD Self Confidence, M. Zakaria,Wonosobo-Jateng)

Lihat testimoni lainnya

KIRIMKAN TESTIMONI ANDA KE E-MAIL KAMI, HANYA TESTIMONI YANG SOPAN DAN MASUK AKAL SAJA YANG AKAN KAMI TAMPILKAN DI WEBSITE KAMI.


Nama Perusahaan

Perusahaan Terapi Otak
CV.KARYA ABADI

Alamat: Jl. Raya Jepara-Semarang Km 21, Sidigede 15/03, Welahan, Jepara, 59464, Semarang, Jawa Tengah

 

Produk CV.Karya Abadi
Sertifikat Terapi Otak

Produk terapiotak.com di buat dari software yang berlisensi untuk kepentingan komersial (Commercial Business Licensing) seperti menjual dalam bentuk CD dan menyediakan layanan download yang bisa menjadi hak paten terapiotak.com. Untuk hasil maksimal pakailah produk Musik Terapi Otak original dari terapiotak.com

Perlindungan Hak Cipta

Kami sangat berterima kasih atas respek Anda terhadap hasil karya cipta intelektual seseorang / sekelompok orang / perusahaan dengan tidak menyebar luaskan produk kami secara ilegal atau tanpa sepengetahuan.

Lihat Kemasan Terbaru

Cover Terapi Otak

Pastikan Anda Mendapatkan Produk Asli terapiotak.com sesuai Kemasan Diatas

 

LIHAT TAMPILAN WEBSITE LAMA

 

Temukan Kami

 

Promo Terapi Otak