Mengenal Gangguan Bipolar Disorder

Kumpulan Artikel Lainnya » Artikel Tentang Gangguan Psikologi » Mengenal Gangguan Bipolar Disorder

Mengenal Gangguan Bipolar DisorderPastinya anda sudah tau donk artis cantik dan terkenal Marshanda. Beberapa waktu terakhir salah satu public figure ini sedang gempar diperbincangkan. Perilaku “aneh” marshanda yang tidak bisa mengontrol emosi adalah indikasi bintang sinetron bidadari tersebut mengidap gangguan bipolar disorder. Gangguan bipolar disorder, mungkin terdengar masih asing ditelinga anda. apa sebenarnya gangguan bipolar disorder itu? Temukan jawabannya dalam artikel mengenal gangguan bipolar disorder.

Gangguan bipolar merupakan penyakit kejiwaan yang ditandai dengan perubahan nuansa hati (mood) yang ekstrem. Pengidap gangguan Bipolar disorder akan mengalami perubahan perilaku yang begitu cepat dan suasana hatinya akan berganti dengan tiba-tiba. Perubahan mood ini terjadi diantara dua kutub (bipolar) yang sangat berlawanan yakni kesedihan (depresi) dan kebahagiaan (mania). Misalnya dari yang murung tiba-tiba berubah menjadi sangat bahagia atau sebalikya.

Setiap orang pada umumnya pernah mengalami suasana hati yang baik (mood high) dan suasana hati yang buruk (mood low). Akan tetapi, seseorang yang menderita gangguan bipolar memiliki ayunan perasaan (mood swings) yang ekstrim dengan pola perasaan yang mudah berubah secara drastis. Suatu ketika, seorang pengidap gangguan bipolar bisa merasa sangat antusias dan bersemangat (mania). Saat suasana hatinya berubah buruk, ia bisa sangat depresi, pesimis, putus asa, bahkan sampai mempunyai keinginan untuk bunuh diri.

Hingga kini para ahli belum mengetahui penyebab terjadinya gangguan bipolar. Namun mengenai gejala mania atau depresi pada penderitanya, diduga turut dipicu oleh beberapa faktor seperti adanya kelainan pada zat pengantar sinyal di otak. Faktor pemicu lain yang tidak boleh dianggap enteng adalah stres. Banyak kasus gangguan bipolar yang terjadi pada penderita yang sering mengalami tekanan dalam hidupnya. Selain stres, gaya hidup yang tidak baik diduga turut memiliki dampak terbentuknya gangguan bipolar dalam diri seseorang, misalnya kecanduan minuman keras dan penyalahgunaan obat-obatan.

Gangguan bipolar bisa menimpa pria dan wanita pada usia relatif muda di bawah 15 tahun. Namun, menurut dokter spesialis kejiwaan DR. dr. Nurmiati Amir, SpKJ(K), diagnosis pada perempuan butuh waktu lebih lama. Umumnya, pada perempuan, gejala yang muncul pertama kali adalah depresi dan bisa jadi selanjutnya terjadi depresi kembali. Ini bisa menyebabkan psikiater mendiagnosis gangguan kejiwaan depresi lainnya, seperti depresi mayor berulang. Berbeda dengan pria yang umumnya menunjukkan adanya gejala mania terlebih dahulu baru depresi. Menurut dokter Nurmiati, perbedaan gejala awal episode yang ditunjukkan erat kaitannya dengan faktor hormonal.

Bagaimana cara mengatasi gangguan bipolar?

Gangguan bipolar membutuhkan pengobatan jangka panjang. Oleh karena itu meski penderitanya sudah merasa sembuh, dokter biasanya tidak akan menghentikan pengobatan begitu saja hingga dirasa cukup. Tujuan pengobatan jangka panjang bipolar adalah untuk menurunkan frekuensi terjadinya episode-episode mania dan depresi agar penderita dapat hidup secara normal dan membaur dengan orang-orang di sekitarnya.

Selain langkah pencegahan kambuhnya salah satu fase bipolar, terdapat juga obat-obatan untuk menangani gejala-gejala ketika sedang kambuh. Penderita bipolar akan dianjurkan untuk memperbaiki pola hidup, misalnya dengan cara berolahraga secara teratur, tidur yang cukup, dan mengadopsi pola makan yang lebih sehat. Rencana pengobatan biasanya mencakup pemberian obat-obatan yang dikombinasikan dengan penanganan lain yang diperlukan, misalnya terapi psikologis.

Terapi Otak Bipolar Disorder Treatment merupakan sebuah terapi yang kami rancang khusus untuk mengatasi dan membantu menyembuhkan gangguan bipolar yang Anda derita, mengatasi masalah gangguan perasaan yang tidak stabil (bipolar disorder) maupun depresi yang berlarut-larut (manic depression). Terapi Otak Bipolar Disorder akan memberikan stimulus pada gelombang otak Anda, menyeimbangkan kondisi otak serta mengurangi ketidakseimbangan kimia dalam otak sehingga membuat Anda merasa jauh lebih tenang serta mampu menguasai emosi dan perasaan Anda.

Terapi ini telah dirancang khusus dalam bentuk CD dengan stimulus gelombang otak yang berbentuk audio sehingga memudahkan Anda untuk menggunakannya. Anda hanya cukup mendengarkan terapi ini melalui headphone atau speaker sambil duduk santai atau berbaring dan gunakan secara rutin dan rasakan perubahan dalam diri Anda.

Baca juga :

6 Tips Ampuh Mengatasi Galau

Cara Mengatasi Gangguan Panik Berlebih

ESQ Kunci Untuk Menjadi Manusia Seutuhnya

Hipnoterapi Untuk Mudah Memaafkan Dan Hilangkan Sakit Hati

Inilah 6 Cara Mudah Menghilangkan Emosi Negatif

Kenali 10 Gangguan Jiwa Paling Berbahaya

Ketahui Bahayanya Sulit Memaafkan Kesalahan Orang Lain

Memahami Gangguan Jiwa Obsessive Compulsive Disorder (OCD)

Mengenal Gangguan Bipolar Disorder

Penyebab Penyakit Bipolar Disorder dan Cara Mengobatinya

Tanda-Tanda Gangguan Jiwa Yang patut Diwaspadai

Artikel lainnya klik disini


Hubungi Kami


CS I - Rina

Contact/SMS/WA

089 668 981 116

BB Messenger

580AC78B


CS II - Rio

Contact/SMS/WA

082 137 923 730

BB Messenger

5A268044


Jam Kerja: Hari Senin-Sabtu
Pukul 08:00-16:00 WIB
Diluar Jam Kerja Bisa SMS/Email


Testimoni

"Saya menerima CD Anda sekitar seminggu yang lalu dan telah mendengarkan secara rutin tiap hari. Saya merasakan perubahan besar dalam kekuatan mental dan kepercayaan diri saya. Sungguh audio terapi yang berkwalitas tinggi. Saya merekomendasikan pada teman-teman saya tentang CD terapiotak.com. Terimakasih, karena telah memberi saya jalan keluar".

(CD Self Confidence, M. Zakaria,Wonosobo-Jateng)

Lihat testimoni lainnya

KIRIMKAN TESTIMONI ANDA KE E-MAIL KAMI, HANYA TESTIMONI YANG SOPAN DAN MASUK AKAL SAJA YANG AKAN KAMI TAMPILKAN DI WEBSITE KAMI.


Nama Perusahaan

Perusahaan Terapi Otak
CV.KARYA ABADI

Alamat: Jl. Raya Jepara-Semarang Km 21, Sidigede 15/03, Welahan, Jepara, 59464, Semarang, Jawa Tengah

 

Produk CV.Karya Abadi
Sertifikat Terapi Otak

Produk terapiotak.com di buat dari software yang berlisensi untuk kepentingan komersial (Commercial Business Licensing) seperti menjual dalam bentuk CD dan menyediakan layanan download yang bisa menjadi hak paten terapiotak.com. Untuk hasil maksimal pakailah produk Musik Terapi Otak original dari terapiotak.com

Perlindungan Hak Cipta

Kami sangat berterima kasih atas respek Anda terhadap hasil karya cipta intelektual seseorang / sekelompok orang / perusahaan dengan tidak menyebar luaskan produk kami secara ilegal atau tanpa sepengetahuan.

Lihat Kemasan Terbaru

Cover Terapi Otak

Pastikan Anda Mendapatkan Produk Asli terapiotak.com sesuai Kemasan Diatas

 

LIHAT TAMPILAN WEBSITE LAMA

 

Temukan Kami

 

Promo Terapi Otak