Cari Tau Yuk...Plus Minus Belanja Online Di Toko Online,Marketplace,Dan Media sosial

Kumpulan Artikel Lainnya » Kumpulan Artikel Lainnya » Cari Tau Yuk...Plus Minus Belanja Online Di Toko Online,Marketplace,Dan Media sosial

Perubahan pembelanjaan era off line ke online pun pesat melaju bak kereta cepat super express. Tak bisa dibendung toko-toko online membanjiri dunia maya karena peningkatan permintaan luar biasa dari masyarakat baik dari segmen kelas bawah hingga kelas atas. Kini siapapun bisa bertransaksi tanpa harus bertatapan langsung antara si penjual dan pembelinya bahkan mulai bermunculan trend baru yang mengedepankan belanja online aman dengan adanya perantara pihak ketiga yaitu marketplace dengan membuka rekening bersama demi keamanan para pembelinya.

Sebenarnya beberapa orang awam masih kurang mengerti apa sih sebenarnya perbedaan antara pembelanjaan lewat toko online, marketplace dan media sosial. Oke sebenarnya basic semua sama yaitu transaksi pembelian dilakukan dua pihak yaitu pembeli dan penjual tanpa berinteraksi langsung hanya melalui chat dunia maya saja.

Apa Sih ...Toko Online itu...

Yang dimaksud dengan toko online adalah media, sarana, ataupun tempat dimana kita bisa menjual produk maupun jasa dan pembeli dapat memesan produk atau jasa tersebut melalui komputer PC ataupun melalui perangkat lunak lain seperti gadget atau smart phone lainnya yang terhubung dan terkoneksi dengan internet sehingga terjadilah  transaksi jual-beli tanpa harus bertatap muka langsung dengan calon konsumen.

para pelaku bisnis toko online memanfaatkan halaman website ataupun blog sebagai kios toko untuk memajang produk dagangan yang mereka tawarkan. Meskipun pembeli dan calon konsumennya tidak bertatap muka secara langsung, namun calon konsumen bisa memesan barang yang dipasarkan pemilik toko online melalui form pemesanan atau shopping chart keranjang belanja yang disediakan di website, sms, Whatsapp, telepon,BBM, email,Line dan sebagainya.

Sedangkan untuk sistem pembayaran, bisa dilakukan calon konsumen melalui paypal ataupun transfer ke rekening bank yang dicantumkan para pemilik toko online. Apabila transaksi pembayaran sudah berhasil dilakukan calon konsumen, selanjutnya barang yang dipesan akan dikirim ke alamat konsumen menggunakan jasa ekspedisi yang sudah disepakati kedua belah pihak (konsumen dan pemilik toko online).

Kalau Marketplace apa ya...?

Pernah melihat iklan di televisi tentang jargon jargon menarik seperti “ bukalapak memang cincaaai...harga santaiii kagak lebaaayyy...” nah itulah contoh iklan salah satu marketplace di indonesia yang sangat familiar didengar. Iya bukalapak.com marketplace ini mengusung tema yang mengena dihati masyarakat dari berbagai segmen. Selain bukalapak sendiri masih banyak marketplace lainnya yang tak kalah menarik seperti tokopedia, lazada, shopee dan lain-lain.

Marketplace adalah model bisnis yang mana website yang bersangkutan tidak hanya membantu mempromosikan barang dagangan saja, tapi juga memfasilitasi transaksi uang secara online. Pada sistem belanja online ini, sebuah website menyediakan lahan atau tempat  bagi para penjual untuk menjual produk-produknya. Di website inilah kita akan menemukan produk dari penjual yang berbeda, ada juga beberapa penjual dari online shop.

 Setiap produk yang terdapat dalam website tersebut telah diberikan spesifikasi dan penjelasan kondisi produknya, sehingga pembeli dapat langsung mengklik tombol “beli” kemudian melakukan transfer sejumlah harga yang tercantum. Pada sistem belanja ini, penjual tidak melakukan tanya jawab kepada pembeli dan tidak ada diskon ataupun tawar menawar seperti pada online shop.

Sedangkan  yang media sosial sendiri apa itu ya?...

Media sosial adalah sebuah media online, dimana para penggunanya bisa dengan mudah berpartisipasi, berbagi, dan menciptakan isi meliputi blog, jejaring sosial, wiki, forum dan dunia virtual. Blog, jejaring sosial dan wiki merupakan bentuk media sosial yang paling umum digunakan oleh masyarakat di seluruh dunia. Pendapat lain mengatakan bahwa media sosial adalah media online yang mendukung interaksi sosial dan media sosial menggunakan teknologi berbasis web yang mengubah komunikasi menjadi dialog interaktif.

Nah karena adanya interaktif dari kedua orang atau lebih media socialpun menjadi pilihan bagi para penjual jeli yang memanfaatkannya untuk bisnis alias mencari uang . contoh media social yang sangat sangat digemari adalah sebagai berikut :

  • Fecebook
  • Instagram
  • Twitter
  • Line
  • path

Jelas sekali bukan ulasan dari ketiga cara pembelanjaan online diatas,  namun jangan salah ya sistem pembelanjaan  berbasis online tersebut mempunyai banyak kekurangan dan kelebihan masing-masing, jadi perlu wawasan luas untuk anda para online shoppers untuk mengenal dan tau lebih dalam lagi supaya bisa belanja dengan aman, nyaman dan puas tentunya.sekarang cari tau yuk.....kelebihan dan kekurangan masing-masing dilihat dari berbagai segi  :

  • Segi keamanan dan kenyamanan

Dilihat dari keamanan dan kenyamanan sebetulnya ketiga sistem pembelanjaan diatas hampir sama, hanya tergantung kejelian pembeli saja. Jika anda pilih toko online, pilihlah yang bisa dipercaya.namun marketplace memang menjadi lebih unggul karena adanya rekening bersama jadi si penjual belum bisa menerima dana langsung jika barang belum sampai ditangan si pembeli. Sedangkan jika via media sosial anda diharuskan lebih waspada pilih olshop yang amanah dan track record diinvestigasi terlebih dahulu ya..

  • Segi Pilihan varian barang

Kalau dari segi pilihan varian barang marketplace juga menempati posisi pertama, namun jangan salah ya...belum tentu dari pilihan varian yang anda cari adalah produk asli karena kebanyakan pilihan di marketplace beredar barang palsu. Jadi daripada dapat produk palsu atau fake pilih via toko online saja, variannya juga tidak kalah lengkap sebenarnya dari marketplace . Kalau media social varian terkadang terbatas dan banyak diantara mereka hanya reseller dan dropshipper.

  • Segi kualitas barang

Juara dari segi kualitas produk dipegang oleh toko online, karena biasanya pengusaha online mengawali bisnisnya dari bawah sehingga mereka sebisa mungkin mengedepankan kualitas dan keaslian suatu produk . Mereka juga termasuk sudah membangun brand sendiri yang malahan banyak dipalsukan dengan cara dipasarkan via marketplace dan media sosial. Jadi berhati-hatilah jika belanja dimarketplace dan media sosial bisa-bisa karena tergiur harga murah anda malah mendapatkan barang tiruan , replika bahkan palsu.

  •  segi edukasi dan informasi

Pembeli pintar tidak hanya melulu mengedepankan pembelanjaan online hanya untuk laper mata istilahnya. Terkadang memang anda membutuhkan produk tersebut tapi anda juga lebih ingin tau apa manfaat dan kegunaan yang belum anda tau benar dari suatu produk. Nah..toko online sendiri memang sangat mengedukasi dengan berbagai artikel menarik didalam website nya . mereka membangun komunikasi antara para pembeli dengan cara edukasi agar pembeli tak hanya membeli tapi lebih tau secara jelas tentang apa yang dibutuhkan.sedangkan untuk marketplace dan media sosial mereka hanya semata-mata memasarkan barang agar anda tertarik membeli. Kurang edukatif banget ya...

  • Dari segi harga

Perang harga sering terjadi jika anda memilih belanja di marketplace anda akan bingung memilih mana harga yang terbaik sesuai specifikasi barang yang anda butuhkan. Anda malah bisa-bisa semakin bingung dan ragu apakah barang tersebut dijamin original bukan barang palsu. Jika tak mau pusing pilih saja di toko online terpercaya yang menawarkan harga wajar dan standard pasaran jadi anda tidak akan was-was barang tersebut adalah palsu. Sedangkan media social harga juga terkadang masih banyak didapati sangat rendah agar anda tertarik membelinya itu juga tidak wajar maka berhati-hatilah...

  • Dari segi Pengemasan atau packing  barang

Semua online shop memang mengedepankan keamanan packing agar barang pesanan konsumennya bisa sampai tanpa cacat. Namun jika anda memilih toko yang salah dimarketplace banyak yang melakukan packing dengan asal-asalan karena ada banyak toko yang kurang professional, begitu pula dengan media sosial mereka umumnya individu yang tidak mengedepankan estetika dan keamanan packing. Sangat berbeda dengan Toko Online mereka cenderung sangat intens akan hal ini karena ketika mereka membangun bisnisnya sudah dipikirkan dari berbagai aspek termasuk keamanan packing.

  • Dari Segi Pengiriman kurir

Untuk masalah pengiriman barang hal ini berkaitan pula dengan masalah stock biasanya jika anda membeli via marketplace dan media sosial yang stocknya tidak ready tentu akan lebih memerlukan waktu dan proses lama dalam melakukan pengiriman.Apalagi jika mereka hanyalah reseller atau dropshipper. Sangat berbeda dengan toko online karena selalu ready stock mereka lebih mengutamakan kecepatan pengiriman agar customer mereka bisa tetap menjadi pelanggan setia ditransaksi selanjutnya.

  • segi mengutamakan kepuasan pelanggan

ketiga sistem online shop diatas semua pasti mengutamakan kepuasan pelanggannya namun karena ada misi edukasi dan memberi solusi, toko online memberi kepuasan berlipat ganda pada para pelanggan nya hingga mereka membangun hubungan komunikasi penjual dan pembeli hingga tak terbatas dengan rentang waktu . Biasanya si pembeli akan menjadi langganan setia dan bahkan sampai mempromosikan ke kerabat dan teman mereka karena kepuasannya. Sangat berbeda dengan marketplace atau media sosial mereka cenderung instan dan kurang long lasting ketika membina hubungan dengan para pembelinya.

Berikut beberapa toko online yang berhubungan dengan bidang kesehatan dan produk herbal  rekomendasi  kami yang mempunyai misi edukasi, memberi solusi dan yang paling penting  bermitra dengan para konsumen hingga jangka panjang diantaranya :

www.penyembuhan alternatif123.com

www.terapiotak.com

www.binauralbeats.co.id

www.obatkuwat.com

 

“Jadilah smart online shoppers dengan memilih toko online penuh edukasi, memberi solusi dan mempunyai slogan bermitra dengan pelanggan setianya hingga tak tergerus waktu. “

 

 

 

 

 


Hubungi Kami


CS I - Rina

Contact/SMS/WA

089 668 981 116

BB Messenger

580AC78B


CS II - Rio

Contact/SMS/WA

082 137 923 730

BB Messenger

5A268044


Jam Kerja: Hari Senin-Sabtu
Pukul 08:00-16:00 WIB
Diluar Jam Kerja Bisa SMS/Email


Testimoni

"Saya menerima CD Anda sekitar seminggu yang lalu dan telah mendengarkan secara rutin tiap hari. Saya merasakan perubahan besar dalam kekuatan mental dan kepercayaan diri saya. Sungguh audio terapi yang berkwalitas tinggi. Saya merekomendasikan pada teman-teman saya tentang CD terapiotak.com. Terimakasih, karena telah memberi saya jalan keluar".

(CD Self Confidence, M. Zakaria,Wonosobo-Jateng)

Lihat testimoni lainnya

KIRIMKAN TESTIMONI ANDA KE E-MAIL KAMI, HANYA TESTIMONI YANG SOPAN DAN MASUK AKAL SAJA YANG AKAN KAMI TAMPILKAN DI WEBSITE KAMI.


Nama Perusahaan

Perusahaan Terapi Otak
CV.KARYA ABADI

Alamat: Jl. Raya Jepara-Semarang Km 21, Sidigede 15/03, Welahan, Jepara, 59464, Semarang, Jawa Tengah

 

Produk CV.Karya Abadi
Sertifikat Terapi Otak

Produk terapiotak.com di buat dari software yang berlisensi untuk kepentingan komersial (Commercial Business Licensing) seperti menjual dalam bentuk CD dan menyediakan layanan download yang bisa menjadi hak paten terapiotak.com. Untuk hasil maksimal pakailah produk Musik Terapi Otak original dari terapiotak.com

Perlindungan Hak Cipta

Kami sangat berterima kasih atas respek Anda terhadap hasil karya cipta intelektual seseorang / sekelompok orang / perusahaan dengan tidak menyebar luaskan produk kami secara ilegal atau tanpa sepengetahuan.

Lihat Kemasan Terbaru

Cover Terapi Otak

Pastikan Anda Mendapatkan Produk Asli terapiotak.com sesuai Kemasan Diatas

 

LIHAT TAMPILAN WEBSITE LAMA

 

Temukan Kami

 

Promo Terapi Otak