Cari Tahu Penyebab Anak Terlambat Berjalan

Kumpulan Artikel Lainnya » Artikel Tentang Masalah Bayi dan Anak » Cari Tahu Penyebab Anak Terlambat Berjalan

Kebanyakan orang tua merasa cemas jika melihat anak-anak seusia anaknya sudah dapat berjalan sedangkan anaknya belum juga dapat berjalan. Perlu diketahui bagi anda para orang tua, kemampuan berjalan balita usia normal sebenarnya bervariasi mulai dari usia 9-18 bulan. Jadi, anda tidak perlu terlalu cemas jika anak belum bisa berjalan dalam kisaran usia tersebut. Namun anda perlu waspada jika anak telah melewati usia tersebut tapi belum juga bisa berjalan, segera cari tahu penyebab anak terlambat berjalan.

Sangat wajar bagi para orang tua yang mengkhawatirkan anaknya yang belum bisa berjalan. Terlebih lagi jika keluarga besar atau lingkungan sekitar membandingkan perkembangan si anak dengan anak lain seusianya. Perasaan takut akan suatu gangguan dalam perkembangannya selalu datang menghantui. Pada umumnya, usia anak berjalan tidak terlalu jauh dari kisaran 16-20 bulan. Jadi bila anak belum bisa berjalan namun masih dalam kisaran usia tersebut, sebaiknya orang tua jangan terlalu khawatir.

Berbeda halnya jika anak sudah melewati usia tersebut belum juga bisa berjalan. Orang tua perlu merasa curiga namun jangan terlalu cemas, apalagi sampai memaksa anak untuk berjalan. Setiap anak memiliki ciri khas, kelebihan dan kekurangan masing-masing. Misalnya, anak usia 18 bulan belum bisa berjalan namun dia sudah pandai bicara atau sebaliknya.

Menurut kepercayaan orang tua, kalau anak perkembangan bicaranya lebih dulu maka perkembangan berjalannya terlambat, dan begitu juga sebaliknya.  Hal tersebut membuktikan bahwa anak-anak memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing, meskipun tidak selalu begitu dan spesifik pada setiap anak.

Anak-anak yang  dapat dengan cepat berjalan, mungkin dikaruniai otot yang kuat karena dari kecil kebutuhan kalsiumnya terpenuhi dengan bagus. Sedangkan anak yang mengalami keterlambatan dalam berjalan kemungkinan disebabkan karena faktor kematangan fisik seperti kekuatan otot kaki, kekuatan otot kaki belum matang sehingga belum kuat untuk menopang seluruh tubuhnya.

Adapun faktor lain yang menyebabkan seorang anak mengalami keterlambatan berjalan. Faktor tersebut antara  lain :

Perkembangan fisik anak terlambat
kelainan organik atau fisik bisa terjadi karena ada gangguan di otot atau otak. Gangguan otot kebanyakan diperoleh sejak lahir, secara genetik atau turunan, sehingga anak tak bisa berjalan. Sementara gangguan di otak disebabkan ada kerusakan otak sehingga menimbulkan gangguan gerak. Adanya gangguan di sumsum tulang belakang juga bisa membuat anak tak bisa berjalan. Bila anak secara fisik belum terlalu siap dan ia pun tak menunjukkan keinginan untuk berjalan, maka orang tua jangan memaksakannya. Namun tetap anak dirangsang untuk mau berjalan.

Perkembangan motoric kasarnya terlambat
Terlambatnya perkembangan motoric kasar karena keseimbangannya belum matang sehingga anak belum dapat berdiri tegak dan bergerak. kekuatan otot kakinya juga sudah matang atau belum, bila sudah matang, dengan sendirinya ia dapat berjalan. Tapi bila ada kelainan fisik misal ototnya lemah atau cacat, otomatis ia akan terlambat berjalan.

Pola Asuh
Setiap orang tua pasti tidak ingin anaknya terluka. Sikap memperlakukan anak dengan nyaman seperti selalu menggendongnya dan tidak pernah mendirikan anak karena khawatir akan jatuh. Hal itu ternyata dapat membuat anak terlambat berjalan karena anak tak dirangsang menggunakan kakinya sehingga membuatnya terlalu nyaman dan malas berjalan. bila anak tak dirangsang secara fisik maka fisiknya pun akan lambat berkembangnya.

Baby walker
seringkali orang tua salah kaprah dengan memberikan baby walker agar bisa membantu anak berjalan. Sebenarnya baby walker tidak terlalu bagus untuk melatih anak berjalan. Dengan menggunakan baby walker, anak seolah-olah hanya terpuaskan keinginannya untuk ke sana ke mari tanpa ditunjang oleh kematangan fisik. Penelitian di Amerika malah membuktikan, baby walker bukannya membantu anak bisa cepat berjalan tapi justru membuat anak jadi lambat berjalan. Karena anak cenderung merasa enak bisa bergerak ke mana pun tanpa harus susah payah menjejakkan kakinya. Kakinya tak menjejak tapi mengayun dan alatnya saja yang berjalan, sehingga membuatnya jadi malas. Kalau anak berpikir malas maka kakinya pun jadi malas.

Trauma membuat anak mogok jalan
lambat berjalan juga bisa disebabkan anak mengalami trauma, yakni suatu peristiwa penting yang sangat mendalam dan berarti pada diri anak. lambat berjalan yang disebabkan trauma ini hanya terjadi bila anak sudah pernah bisa berjalan dan kemudian terjadi sesuatu pada dirinya yang membuatnya "mogok", tak mau jalan lagi. "Jadi ada hal-hal luar biasa yang sifatnya traumatik. Misalnya, pernah terhanyut atau ketika kebakaran kakinya menjejak api, dan sebagainya.

Tonus Otot
Gangguan tonus otot berupa hipotonia dan Hipertonia dapat menyebabkan gangguan saat berjalan. Hypotonia atau kondisi yang ditandai dengan penurunan berat otot dan Hypertonia atau kondisi yang ditandai dengan kenaikan berat otot juga dapat membuat anak sulit berjalan. Hypotonia menyebabkan seorang anak akan sulit memiliki keseimbangan dan kontrol atas gravitasi. Sebaliknya, hypertonia atau jika ada kelompok otot tertentu aktif maka kemungkinan anak akan memiliki tubuh yang kaku dan sulit mempertahankan keseimbangan.

Itulah faktor-faktor penyebab seorang anak terlambat berjalan. Pola asuh orang tua juga merupakan faktor yang dapat membuat anak lambat berjalan. Oleh karena itu jangan langsung memvonis anak mengalami keterlambatan berjalan atau tidak bisa berjalan. Cari tahu dulu apa yang menyebabkan buah hati belum bisa berjalan, agar buah hati yang Anda sayangi bisa segera berjalan dengan baik.

Para orang tua perlu waspada jika anak telah melewati masa berjalan normal namun anak masih juga belum bisa berjalan. Hal ini perlu mendapat perhatian serius. Jika hal ini terus dibiarkan, bukan tidak mungkin jika anak tidak bisa berjalan bahkan sampai dia dewasa. Berikan rangsangan berupa Terapi Otak Baby Walk.

Terapi Otak Baby Walk akan mengaktifkan kembali gelombang Sensori Motor Rhythm (SMR) pada otak anak yang berfungsi untuk mengaktifkan sel-sel tubuh yang berhubungan dengan kemampuan berjalan, meningkatkan kemampuan otot-otot tubuh serta meningkatkan kemampuan motorik anak. Gunakan Terapi Otak Baby Walk secara rutin, sehingga anak akan mendapatkan stimulus gelombang otak yang akan meningkatkan kemampuannya dalam berjalan dan mempercepat proses berjalannya.


Hubungi Kami


CS I - Rina

Contact/SMS/WA

089 668 981 116

BB Messenger

580AC78B


CS II - Rio

Contact/SMS/WA

082 137 923 730

BB Messenger

5A268044


Jam Kerja: Hari Senin-Sabtu
Pukul 08:00-16:00 WIB
Diluar Jam Kerja Bisa SMS/Email


Testimoni

"Saya menerima CD Anda sekitar seminggu yang lalu dan telah mendengarkan secara rutin tiap hari. Saya merasakan perubahan besar dalam kekuatan mental dan kepercayaan diri saya. Sungguh audio terapi yang berkwalitas tinggi. Saya merekomendasikan pada teman-teman saya tentang CD terapiotak.com. Terimakasih, karena telah memberi saya jalan keluar".

(CD Self Confidence, M. Zakaria,Wonosobo-Jateng)

Lihat testimoni lainnya

KIRIMKAN TESTIMONI ANDA KE E-MAIL KAMI, HANYA TESTIMONI YANG SOPAN DAN MASUK AKAL SAJA YANG AKAN KAMI TAMPILKAN DI WEBSITE KAMI.


Nama Perusahaan

Perusahaan Terapi Otak
CV.KARYA ABADI

Alamat: Jl. Raya Jepara-Semarang Km 21, Sidigede 15/03, Welahan, Jepara, 59464, Semarang, Jawa Tengah

 

Produk CV.Karya Abadi
Sertifikat Terapi Otak

Produk terapiotak.com di buat dari software yang berlisensi untuk kepentingan komersial (Commercial Business Licensing) seperti menjual dalam bentuk CD dan menyediakan layanan download yang bisa menjadi hak paten terapiotak.com. Untuk hasil maksimal pakailah produk Musik Terapi Otak original dari terapiotak.com

Perlindungan Hak Cipta

Kami sangat berterima kasih atas respek Anda terhadap hasil karya cipta intelektual seseorang / sekelompok orang / perusahaan dengan tidak menyebar luaskan produk kami secara ilegal atau tanpa sepengetahuan.

Lihat Kemasan Terbaru

Cover Terapi Otak

Pastikan Anda Mendapatkan Produk Asli terapiotak.com sesuai Kemasan Diatas

 

LIHAT TAMPILAN WEBSITE LAMA

 

Temukan Kami

 

Promo Terapi Otak