Cara melakukan Meditasi yang Benar

Kumpulan Artikel Lainnya » Artikel Tentang Meditasi Dan Rileksasi » Cara melakukan Meditasi yang Benar

cara meditasi, cara meditasi yang benar, cara meditasi mengenal diri, cara meditasi bagi pemula, cara meditasi tenaga dalam, cara meditasi yg sempurna, cara meditasi sederhana, cara meditasi kundalini, cara meditasi yang baik untuk pemula, cara meditasi untuk kesehatan, cara meditasi untuk membuka mata batin, cara latihan meditasi, cara meditasi untuk menenangkan pikiran

cara meditasi yang benar,- Beban pikiran yang berat dan banyaknya permasalahan yang menghampiri anda pastinya akan membuat anda stress. Jangan biarkan stress terus menerus mengganggu kehidupan anda. anda dapat melakukan terapi untuk menghilangkan stress yaitu dengan cara meditasi. Mengapa meditasi? Karena dengan melakukan meditasi baik untuk menenangkan jiwa, mengenal lebih jauh tentang diri sendiri dan meningkatkan iman. Berikut ini akan dijelaskan cara melakukan meditasi yang benar. Tapi sebelumnya, ketahui dulu lebih dalam apa itu sebenarnya meditasi.

Meditasi merupakan praktik relaksasi yang melibatkan pengosongan pikiran dari semua hal yang menarik, membebani, meupun mencemaskan dalam hidup kita sehari-hari. Meditasi adalah kegiatan mental terstruktur yang dilakukan selama jangka waktu tertentu untuk menganalisis, menarik kesimpulan, mengambil langkah-langkah lebih lanjut untuk menyikapi, menentukan tindakan atau penyelesaian masalah pribadi, hidup dan perilaku.

Meditasi dalam pengertian singkatnya adalah latihan fokus/konsenterasi untuk mendapatkan relaksasi yang lebih tinggi atau lebih dalam. Hal ini bisa bermanfaat untuk memperlancar peredaran darah ke otak dan seluruh tubuh.Bisa di gunakan sebagai cara alternatif untuk mendapatkan rasa nyaman,ketenteraman jiwa,mendinginkan emosi dan lain sebagainya.

Meditasi juga dikatakan sebagai anti-stres yang paling baik. Saat anda mengalami stres, denyut jantung dan tekanan darah meningkat, pernapasan menjadi cepat dan pendek, dan kelenjar adrenalin memompa hormon-hormon stress. Selama anda melakukan meditasi, detak jantung melambat, tekanan darah menjadi normal, pernapasan menjadi tenang, dan tingkat hormon stres akan menurun.

Selain hal diatas, masih banyak lagi manfaat dari melakukan meditasi yang akan Anda dapatkan seperti meditasi kesehatan, meditasi membuka mata batin, meditasi ilmu kundalini, meditasi menambah tenaga dalam, meditasi menenangkan pikiran, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Apakah meditasi dapat dilakukan oleh semua orang?

Iya, meditasi dapat dilakukan oleh semua orang, tapi kemampuan seseorang untuk dapat focus atau konsentrasi berbeda-beda. jika anda ingin memperoleh rasa kenyamanan dengan salah satu alternatif meditasi anda dapat melatihnya. Tidak ada sesuatu keanehan apapun soal meditasi kecuali hanya berisikan merelaksasi seluruh tubuh,otot,syaraf dan pikiran dengan duduk bersila ataupun merebahkan tubuh sambil mengatur sirkulasi pernafasan dengan teratur perlahan.

Bagaimana cara melakukan meditasi yang benar?

Berikut ini akan dijelaskan tentang cara meditasi yang benar untuk membuat pikiran anda bisa tenang dan focus selama melakukan meditasi. Caranya sebagai berikut

1. Jadikan meditasi sebagai aktivitas anda pagi hari
Biasakan melakukan meditasi setelah anda bangun tidur, ssebelum anda melakukan hal-hal lain seperti membereskan tempat tidur, menyiapkan sarapan, dan lain-lain. Mengawali aktivitas anda dengan meditasi akan membuat anda merasa tenang sepanjang hari sekaligus menyingkirkan mimpi buruk yang anda alami selama tidur semalaman. Meditasi dipagi hari juga terbukti efektif untuk mengurangi rasa khawatir, cemas, dan takut menghadapi hari yang baru.

2. Mulai meditasi dengan focus pernapasan
Inti utama dari meditasi yaitu cara anda bernapas. Awali meditasi anda dengan focus pada cara anda bernapas. Bernapaslah dengan pelan, ambil nafas dalam-dalam, hembuskan secara perlahan, dan rasakan iramanya seiring dengan detak jantung anda. jika pernafasan sudah diatur dengan baik, maka anda sudah menapaki 50% tahap meditasi.

3. Lakukan sedikit pemanasan sebelum meditasi
Melakukan pemanasan sebelum meditasi dapat membuat tubuh anda merasa lebih nyaman ketika harus duduk fokus saat melakukan meditasi.  Ada beberapa pemanasan yang sangat membantu proses meditasi, di antaranya adalah "stretching".  Proses ini bisa dilakukan sambil berbaring atau duduk, dan ingat untuk tidak melakukannya secara berlebihan karena bisa membuat anda justru kelelahan sebelum bermeditasi.

4. Meditasi adalah memfokuskan pikiran
 Meditasi adalah sebuah proses aktif yang akan bermanfaat apabila anda fokus pada tujuan.  Lakukanlah meditasi sebagai aktivitas dengan tujuan tertentu, misal untuk menenangkan pikiran, relaksasi, atau menghilangkan stress.  Jangan mengosongkan pikiran pada saat meditasi.  Anda justru harus fokus pada satu hal, misal irama nafas anda, detak jantung anda.

5. Disiplin
Cobalah untuk melakukan meditasi secara rutin agar manfaatnya lebih terasa.  Jangan mudah untuk mencari-cari alasan untuk melewatkan meditasi harian anda.  Dengan melakukan meditasi secara disiplin, anda tidak hanya akan merasakan manfaat secara psikologis, namun juga secara fisik.

6. Eksperimen
Cobalah untuk melakukan berbagai eksperimen dalam teknik meditasi anda.  Cobalah untuk bermeditasi dari teknik yang paling konvensional seperti bersila, hingga teknik-teknik yang lebih spesifik seperti dalam Meditasi Yoga, Meditasi Cakra, atau Meditasi Lotus.  Selama eksperimen, anda akan menemukan teknik meditasi yang mungkin paling nyaman bagi anda dan bisa digunakan untuk jangka panjang.

7. Sediakan tempat khusus untuk meditasi
Dengan menyediakan tempat khusus untuk meditasi, anda tentunya akan bisa lebih fokus dalam melakukan meditasi dan akan merasa melakukan kegiatan yang lebih spesial.  Pastikan pula untuk menjaga kebersihan ruangan meditasi anda dari berbagai kotoran dan debu.

8. Nyalakan lilin
Teknik ini berguna sekali untuk meningkatkan fokus anda.  Terutama bagi pemula, berfokus pada satu titik dengan mata terpejam akan sedikit susah.  Untuk mengakalinya, anda bisa menyalakan sebatang lilin dan menjadikannya sebagai titik fokus pandangan mata anda selama bermeditasi.  Akan lebih baik jika anda membeli lilin yang menebarkan aroma terapi jika dinyalakan.

9. Manfaatkan music meditasi
Ada banyak musik-musik meditasi yang bisa membantu anda lebih merasa nyaman dalam meditasi.  Ada yang berupa instrumental, nyanyian,, ada pula musik suara alam yang membuat anda seolah-olah sedang bermeditasi di tengah hutan.  Pilih satu musik yang bisa membuat anda benar-benar bisa merasa rileks saat melakukan meditasi. Misalnya dengan mendengarkan music alpha theta meditation dari terapiotak.com

10. Nikmati proses ,meditasi anda
Jangan merasa stress atau terbebani.  Jangan terburu-buru pula untuk menilai hasil meditasi anda.  Ingat, meditasi adalah sebuah proses jangka panjang yang manfaatnya akan terasa secara signifikan apabila anda melakukannya secara teratur.  Pastikan untuk menjadikan meditasi sebagai aktivitas yang menyenangkan di tengah kesibukan harian anda.

Baca juga :

10 Langkah Mudah Belajar Meditasi

11 Tips Terbaik Merileksasikan Pikiran Dan Tubuh

Benarkah Meditasi Bisa Menurunkan Berat Badan?

Cara melakukan Meditasi yang Benar

Dahsyatnya Manfaat Musik Relaksasi

Hidup Nyaman Dan Tenang Dengan Terapi Total Relaxation

Manfaat Meditasi Bagi Kesehatan Fisik Dan Psikis

Meditasi Alpha - Cara Mudah Untuk Rileks Dan Bebas Stress

Musik Relaksasi Solusi Ampuh Pencegah Stress

Trik Ampuh Agar Meditasi Anda Sukses

Artikel terapi Lainnya klik disini

Tagged in : cara meditasi, cara meditasi yang benar, cara meditasi mengenal diri, cara meditasi bagi pemula, cara meditasi tenaga dalam, cara meditasi yg sempurna, cara meditasi sederhana, cara meditasi kundalini, cara meditasi yang baik untuk pemula, cara meditasi untuk kesehatan, cara meditasi untuk membuka mata batin, cara latihan meditasi, cara meditasi untuk menenangkan pikiran


Hubungi Kami


CS I - Rina

Contact/SMS/WA

089 668 981 116

BB Messenger

580AC78B


CS II - Rio

Contact/SMS/WA

082 137 923 730

BB Messenger

5A268044


Jam Kerja: Hari Senin-Sabtu
Pukul 08:00-16:00 WIB
Diluar Jam Kerja Bisa SMS/Email


Testimoni

"Saya menerima CD Anda sekitar seminggu yang lalu dan telah mendengarkan secara rutin tiap hari. Saya merasakan perubahan besar dalam kekuatan mental dan kepercayaan diri saya. Sungguh audio terapi yang berkwalitas tinggi. Saya merekomendasikan pada teman-teman saya tentang CD terapiotak.com. Terimakasih, karena telah memberi saya jalan keluar".

(CD Self Confidence, M. Zakaria,Wonosobo-Jateng)

Lihat testimoni lainnya

KIRIMKAN TESTIMONI ANDA KE E-MAIL KAMI, HANYA TESTIMONI YANG SOPAN DAN MASUK AKAL SAJA YANG AKAN KAMI TAMPILKAN DI WEBSITE KAMI.


Nama Perusahaan

Perusahaan Terapi Otak
CV.KARYA ABADI

Alamat: Jl. Raya Jepara-Semarang Km 21, Sidigede 15/03, Welahan, Jepara, 59464, Semarang, Jawa Tengah

 

Produk CV.Karya Abadi
Sertifikat Terapi Otak

Produk terapiotak.com di buat dari software yang berlisensi untuk kepentingan komersial (Commercial Business Licensing) seperti menjual dalam bentuk CD dan menyediakan layanan download yang bisa menjadi hak paten terapiotak.com. Untuk hasil maksimal pakailah produk Musik Terapi Otak original dari terapiotak.com

Perlindungan Hak Cipta

Kami sangat berterima kasih atas respek Anda terhadap hasil karya cipta intelektual seseorang / sekelompok orang / perusahaan dengan tidak menyebar luaskan produk kami secara ilegal atau tanpa sepengetahuan.

Lihat Kemasan Terbaru

Cover Terapi Otak

Pastikan Anda Mendapatkan Produk Asli terapiotak.com sesuai Kemasan Diatas

 

LIHAT TAMPILAN WEBSITE LAMA

 

Temukan Kami

 

Promo Terapi Otak