Ketahuilah 10 Hormon Penting Pada Tubuh Manusia

Kumpulan Artikel Lainnya » Artikel Tentang Penyembuhan dan Kesehatan » Ketahuilah 10 Hormon Penting Pada Tubuh Manusia

10 Jenis Hormon Pada Manusia,- Hormon adalah suatu zat kimia yang diproduksi oleh sel kelenjar endokrin yang berfungsi membawa sinyal dari sel satu ke sel lainnya. Tubuh manusia sendiri terdiri dari banyak sekali hormon yang masing-masing memiliki fungsi berbeda-beda. 10 hormon yang akan kami sampaikan dibawah ini hanyalah sebagian kecil dari hormon yang ada pada tubuh manusia. Namun memiliki fungsi yang sangat penting bagi tubuh manusia.

Inilah 10 Hormon Terpenting Pada Tubuh Manusia

10 hormon pada manusia, jenis hormon manusia, macam-macam hormon manusia dan fungsinya, sistem hormon manusia, hormon manusia dan fungsinya, pengertian hormon manusia, hormon pada manusia, hormon manusia, hormon pada manusia dan fungsinya, hormon pada tubuh manusia, hormon dalam tubuh manusia, hormon reproduksi manusia

1. Hormon Adrenalin

Adrenalin adalah suatu hormon yang diproduksi pada medula adrenal. Medula adrenal adalah bagian dalam dari kelenjar adrenal. Hormon adrenalin ini berfungsi meningkatkan denyut jantung dengan tujuan untuk meningkatkan glukosa dan oksigen ke otot dan otak. Kelebihan hormon adrenalina akan mengakibatkan meningkatkanya fungsi katalisis dari glikogen dalam hati, menekan sistem imun tubuh, serta kerusakan lipid pada sel lemak.

Meskipun begitu jika kekurangan hormon adrenalin ini juga menyebabkan lelah, lesu, pusing, pening, penurunan berat badan. Bahkan ada beberapa penyakt yang dapat diakibatkan oleh hormon adrenalin diantaranya adalah depresi, perubahan pigmentasi kulit, gangguan usus, sakit pinggang, dan nyeri otot.

2. Hormon Insulin

Bagi penderita diabetes , hormon insulin pasti sudah tidak asing lagi. Hormon yang diproduksi di pankreas memiliki fungsi untuk pengambilan glukosa dan membantu proses glikogenesis dan glikolisis di hati dan otot dari darah. Kekurangan hormon insulin ini sudah banyak Anda ketahui yaitu menyebabkan penyakit diabetes.

Selain kekurangan hormon insulin, kelebihan hormon insulin akan mengakibatkan kadar gula darah rendah, detak jantung tak teratur, gemetaran, dan kecemasan. Bahkan terkadang dapat menyebabkan penyakt gula darah rendah (hipoglikemia).

3. Hormon Gastrin

Hormon gastrin adalah hormon yang berfungsi dalam membantu proses pencernaan, tepatnya pada membantu sekresi asam lambung oleh sel parietal. Hormon ini diproduksi pada organ usus 12 jari (duodenum). Kelebihan hormon gastrin akan mengakibatkan penyakit tumor jinak atau dalam bahasa medis disebut dengan gastrinoma, sedangkan pada kekurangan gastrin akan mengakibatkan gangguan pada pencernaan.

4. Hormon Tiroid

Hormon tiroid adalah suatu hormon yang diproduksi pada kelenjar tiroid yang berfungsi dalam peningkatan metabolisme basal dan mempengaruhi sintesis protein. Kelebihan hormon tiroid akan mengakibatkan sakit kepala, diare, denyut jantung tak teratur, gugup, kejang perut, demam, sakit dada, dan kesulitan tidur.

Sedangkan pada orang yang kekurangan hormon tiroid menjadi lesu, lelah, sembelit, tekanan darah tinggi, kolestrol tinggi, menurunnya konsentrasi dan daya ingat serta kurangnya dorongan seksual. Bahkan pada beberapa kasus yang ekstrim dapat menyebabkan depresi dan penyakit gangguan jiwa lainnya.

5. Hormon Dopamin

Anda pasti pernah mendengar doping? Ya, pil yang biasa digunakan olahragawan dalam meningkatkan kemampuan. Doping itu digunakan untuk mensimulasi hormin dopamin. Hormon dopamin adalah hormon yang diproduksi di gintak dan hipotalamaus dan memiliki fungsi meningkatkan denyut jantung dan tekanan darah, menghambat pelepasan prolaktin dan THR dari hipofifis anterior.

Kelebihan hormon dopamin akan menyebabkan mual, muntah, meningkatnya detak jantung, sakit dada, dan perubahan warna urin. Sedangkan pada orang yang kekurangan hormon dopamin akan mengalami motivasi rendah, berpikir lambat, sulit konsentrasi, impotensi, mudah lelah, serta insomnia.

6. Hormon Melatonin

Hormon melatonin memiliki fungsi antioksidan dan mengontrol tidur. Hormon ini diproduksi secara alami oleh tubuh pada bagian kelenjar pineal. Sama seperti beberapa hormon diatas, Kekurangan hormon melatonin akan menyebabkan insomnia, sindrom pramenstruasi (PMS), kolesterol tinggi, tekanan darah tinggi, depresi, dan siklus menstruasi tak teratur.

Sedangkan kelebihan hormon melatonin pada tubuh seseorang akan menyebabkan lesu, gangguan hati, gangguan mata, kelelahan, disorientasi, pikiran dan perilaku psikotik, kebingungan, mengantuk, gangguan berbicara, gemetar, sakit kepala dan pusing.

7. Hormon Serotonim

Hormon Serotonim adalah hormon yang diproduksi pada saluran pencernaan dan memiliki fungsi dalam menontrol nafsu makan, tidur, serta suasana hati. Kekurangan hormon serotonim akan mengakibatkan pesimis, kurangnya percaya diri, mudah marah, gangguan tidur, pobia, gelisah, sakit kepala, dan sakit punggung.

Sedangkan pada orang yang mengalami kelebihan hormon serotonim akan menyebabkan kehilangan koordinasi otot, berkeringat, diare, sakit kepala, menggigil, mual, muntah, kejang, demam tinggi, detak jantung tak teratur, kegelisahan, kebingungan, peningkatan denyut jantung, pupil melebar, gerakan tak terkendali, dan hilangnya kesadaran.

8. Hormon Pertumbuhan (HGH)

Seperti pada namanya Hormon Pertumbuhan (HGH) ini memiliki fungsi yaitu membantu pertumbuhan dan reproduksi sel serta melepaskan faktor tidak penting yang mengganggu pertumbuhan. Hormon ini diproduksi pada pituitari anterior yang bila terjadi kekurangan pada tubuh akan mengakibatkan pertumbuhan yang terganggu sehingga tubuh bisa menjadi pendek dan tertundanya kematangan seksual.

Sedangkan pada kasus kelebihan hormon pertumbuhan akan mengakibatkan sakit kepala, gangguan penglihatan, tekanan saraf optik, kelebihan tulang rahang, jari tangan dan kaki, kelemahan otot, resistensi insulin. Bahkan pada beberapa kasus yang berat menyebabkan penyakit tumor hipofisis dan diabetes militus tipe 2.

9. Hormon Testosteron

Hormon testosteron hanya terdapat pada pria saja karena hormon ini kerat sekali hubungannya dengan hormon seks pria. Hormon ini diproduksi di testis dan memiliki fungsi merangsang skrotum, pertumbuhan jenggot, pertumbuhan masa otot, kepadatan tulang, dan pematangan organ-organ seks pria.

Masalah yang disebabkan oleh kekurangan hormon testosteron yang paling utama adalah disfungsi ereksi dan lemah syahwat. Sedangkan kelebihan hormon tetosteron akan berakibat pada emosi yang tak tentu dan peningkatan libido. Beberapa penyakit yang diakibatkan kelebihan hormon testosteron ini adalah kerusakan hipotalamaus dan hipogonadisme ( penghambatan testis pada sekresi hormon).

10. Hormon Progesteron

Jika hormon testosteron adalah khusus pria, maka hormon progesteron adalah khusus wanita. Hormon ini diproduksi di ovarium dan pada plasenta saat sedang hamil. Hormon progesteron sendiri memiliki fungsi yaitu menaikkan faktor pertumbuhan epidermal, meningkatkan temperatur inti selama ovulasi, mengurangi kejang dan rileks otot polos (memperluas saluran pernapasan dan mengatur lendir), anti-inflamasi, mengurangi kandung empedu kegiatan, normalisasi darah dan pembekuan pembuluh darah.

Kekurangan hormon progeteron akan mengakibatkan insomnia, cemas, panik, gelisah, kekurangan cairan, dan pembengkakan pada payudara. Sedangkan pada wanita yang mengalami kelebihan hormon progesteron akan menyebabkan rasa sakit dan nyeri pada bagian tertentu dalam tubuh.

Demikianlah 10 hormon terpenting bagi tubuh manusia, dalam penjelasan diatas dapat ditarik sebuah kesimpulan bahwa mengalami kekurangan dan kelebihan pada masing-masing hormon hanya akan menyebabkan suatu masalah. Oleh sebab itu akan lebih baik jika suatu hormon dalam melakukan tugasnya secara seimbang tidak kurang dan tidak lebih. Cara untuk menyeimbangkan 10 hormon pada tubuh dapat dilakukan dengan secara medis atau terapi. Salah satu terapi yang telah terbukti secara efektif menyeimbangkan 10 hormon tubuh adalah Terapi Otak Balancing Hormones

Terapi Otak Balancing Hormones – Menyeimbangkan 10 Hormon Pada Tubuh Manusia

 

10 hormon pada manusia, jenis hormon manusia, macam-macam hormon manusia dan fungsinya, sistem hormon manusia, hormon manusia dan fungsinya, pengertian hormon manusia, hormon pada manusia, hormon manusia, hormon pada manusia dan fungsinya, hormon pada tubuh manusia, hormon dalam tubuh manusia, hormon reproduksi manusiaMenyeimbangkan 10 hormon terpenting bagi tubuh manusia bukanlah hal yang mudah untuk dilakukan. Pola hidup dan perilaku yang sehat juga diperlukan agar tidak terjadi kerancuan pada kinerja 10 hormon tersebut. Selain hal itu juga harus diperhatikan kesehatan otak, karena otaklah yang menjadi pusat pengendali tubuh dan berperan penting dalam produksi hormon-hormon tersebut. Salah satu cara yang dapat dilakukan untuk menyehatkan otak adalah dengan melakukan Terapi Otak Balancing Hormones.

Terapi Otak Balancing Hormones adalah sebuah terapi gelombang otak yang bekerja dengan cara mengirimkan stimulasi berupa gelombang dengan frekuensi tertentu ke otak, dimana dengan stimulasi tersebut otak akan memproduksi 10 hormon terpenting pada tubuh manusia secara seimbang tanpa mengalami kekurangan maupun kelebihan.

Apakah sulit dalam menggunakannya? Anda tak pelu khawatir, Terapi Otak Balancing Hormones ini merupakan terapi yang mudah untuk dilakukan karena dikemas dalam bentuk CD Audio. Cukup Anda dengarkan CD Audio tersebut dari musik player maupun headshet, maka Terapi Otak Balancing Hormones akan bekerja langsung dalam menyeimbangkan 10 hormon tersebut.

Selain itu dalam menggunakan Terapi Otak Balancing Hormones bisa Anda lakukan dengan beraktifitas, jadi tak perlu beranggapan bahwa sebuah terapi harus dilakukan dalam keadaan diam. Hal ini bisa terjadi karena pada saat Anda memutar CD Audio, maka Terapi Otak Balancing Hormones ini akan langsung mengirimkan gelombang ke otak walaupun Anda sedang berkatifitas atau tidur sekalipun.

Jangan tunda lagi untuk memiliki kehidupan yang sehat, segera pesan CD Audio Terapi Otak Balancing Hormones disini.

Artikel lain :

10 Manfaat Bangun Pagi Bagi Kesehatan dan Pikiran

6 Cara Mencegah dan Mengatasi Alzheimer

6 Faktor Penyebab Penyakit Alzheimer

7 Kebiasaan Sehari-hari Penyebab Diabetes

Bahaya Radiasi HP/Ponsel bagi Tubuh

Bahaya Tidur Dekat Ponsel

Obat Alami Asma

Sulit Tidur, Atasi dengan Cara Ini

10 Makanan Pencegah Penyakit Alzheimer

Kumpulan artikel Tentang Penyembuhan dan Kesehatan lainnya klik disini, artikel lainnya klik disini

keyword : 10 hormon pada manusia, jenis hormon manusia, macam-macam hormon manusia dan fungsinya, sistem hormon manusia, hormon manusia dan fungsinya, pengertian hormon manusia, hormon pada manusia, hormon manusia, hormon pada manusia dan fungsinya, hormon pada tubuh manusia, hormon dalam tubuh manusia, hormon reproduksi manusia


Hubungi Kami


CS I - Rina

Contact/SMS/WA

089 668 981 116

BB Messenger

580AC78B


CS II - Rio

Contact/SMS/WA

082 137 923 730

BB Messenger

5A268044


Jam Kerja: Hari Senin-Sabtu
Pukul 08:00-16:00 WIB
Diluar Jam Kerja Bisa SMS/Email


Testimoni

"Saya menerima CD Anda sekitar seminggu yang lalu dan telah mendengarkan secara rutin tiap hari. Saya merasakan perubahan besar dalam kekuatan mental dan kepercayaan diri saya. Sungguh audio terapi yang berkwalitas tinggi. Saya merekomendasikan pada teman-teman saya tentang CD terapiotak.com. Terimakasih, karena telah memberi saya jalan keluar".

(CD Self Confidence, M. Zakaria,Wonosobo-Jateng)

Lihat testimoni lainnya

KIRIMKAN TESTIMONI ANDA KE E-MAIL KAMI, HANYA TESTIMONI YANG SOPAN DAN MASUK AKAL SAJA YANG AKAN KAMI TAMPILKAN DI WEBSITE KAMI.


Nama Perusahaan

Perusahaan Terapi Otak
CV.KARYA ABADI

Alamat: Jl. Raya Jepara-Semarang Km 21, Sidigede 15/03, Welahan, Jepara, 59464, Semarang, Jawa Tengah

 

Produk CV.Karya Abadi
Sertifikat Terapi Otak

Produk terapiotak.com di buat dari software yang berlisensi untuk kepentingan komersial (Commercial Business Licensing) seperti menjual dalam bentuk CD dan menyediakan layanan download yang bisa menjadi hak paten terapiotak.com. Untuk hasil maksimal pakailah produk Musik Terapi Otak original dari terapiotak.com

Perlindungan Hak Cipta

Kami sangat berterima kasih atas respek Anda terhadap hasil karya cipta intelektual seseorang / sekelompok orang / perusahaan dengan tidak menyebar luaskan produk kami secara ilegal atau tanpa sepengetahuan.

Lihat Kemasan Terbaru

Cover Terapi Otak

Pastikan Anda Mendapatkan Produk Asli terapiotak.com sesuai Kemasan Diatas

 

LIHAT TAMPILAN WEBSITE LAMA

 

Temukan Kami

 

Promo Terapi Otak